Rabu 08 Mar 2023 07:28 WIB

Gandeng Pemkab, Hermina Renovasi Masjid dan MCK di Ciawi

Selain Pemkab Bogor, renovasi MCK tidak layak warga juga menggandeng Jabar Bergerak.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Penandatanganan prasasti peresmian perbaikan masjid dan MCK di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor oleh PT. Medikaloka Hermina dan Pemkab Bogor, Selasa (7/3/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Penandatanganan prasasti peresmian perbaikan masjid dan MCK di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor oleh PT. Medikaloka Hermina dan Pemkab Bogor, Selasa (7/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- PT Medikaloka Hermina bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor merenovasi masjid dan fasilitas mandi cuci kakus (MCK) di Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Selasa (8/3/2023). Renovasi dilakukan lantaran MCK tersebut sudah tak layak untuk digunakan oleh warga sekitar.

Sekretaris Coorporasi PT Medikaloka Hermina, Tbk, Susi Setiawaty, mengatakan, dalam merenovasi MCK, pihaknya bekerja sama dengan pemkab dan Jabar Bergerak, yang merupakan organisasi nonpemerintah. Terutama, untuk mencari titik yang layak untuk diperbaiki.

"Titik-titik di mananya kami nggak bisa cari sendiri, kami kerja sama dengan Jabar Bergerak. Waktu itu Bu Ridwan Kamil punya titik di mana saja dan lain-lain," kata Susi ketika ditemui Republika.co.id usai peresmian masjid dan MCK di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023).

Susi menyebutkan, program yang dijalankan dalam rangka hari ylang tahun ke-38 Hermina Hospitals tersebut, menjangkau tiga lokasi MCK di Kabupaten Bogor dan dua MCK di Kota Bogor yang juga diperbaiki pada tahun ini. Kabupaten dan Kota Bogor dipilih lantaran Hermina memiliki dua rumah sakit di dua wilayah tersebut, yakni di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor dan Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Susi pun mempersilakan jika warga Bogor membutuhkan perbaikan MCK di tempatnya untuk mengusulkan ke pihak Hermina. "Nanti monggo kalau dari Ciawi atau dari Bogor masih ada, bisa saja menyampaikan pada kami, mengusulkan. Sama renovasi masjid," ucapnya.

Selain renovasi MCK dan masjid, sambung dia, CSR dari Hermina juga memberikan beasiswa kepada masyarakat di sekitar Rumah Sakit Hermina di seluruh Indonesia. Dimana RS Hermina memiliki 45 rumah sakit se-Indonesia.

"Kebetulan Yayasan Hermina memiliki akademi keperawatan, S1 keperawatan, ners, farmasi, fisioterapi, dan analis laboratorium. Beasiswa tersebut kalau berprestasi anak didiknya bisa bekerja di rumah sakit kami," ujar Susi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, mengucapkan terima kasih atas CSR dari Hermina yang sudah membantu masyarakat Kabupaten Bogor. "Ini pas sekali ya membangun MCK yang mana Pak Camat juga memantau masyarakat di sini. Alhamdulillahh renovasi masjid juga tepat sekali menjelang bulan Ramadhan untuk beribadah," ujar Mike.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement