Ahad 19 Feb 2023 05:41 WIB

Muhammad Sukron Siap Merajut Ukhuwah di Muktamar Pemuda Muhammadiyah

Sukron, alumni UMM menjadi calon ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Muhammad Sukron menjadi kandidat ketua umum penerus Sunanto alias Cak Nanto.
Foto: Dok pribadi
Ketua Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Muhammad Sukron menjadi kandidat ketua umum penerus Sunanto alias Cak Nanto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah Muhammad Sukron siap menyemarakkan Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah yang digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada 21-24 Februari 2023. Menurut Sukron, muktamar merupakan momentum untuk merajut ukhuwah antarkader Pemuda Muhammadiyah.

Upaya Sukron untuk merajut ukhuwah ini sesuai dengan tema Muktamar Pemuda Muhammadiyah, yakni 'Pemuda Negarawan Harmoni Memajukan Indonesia'. "Momentum muktamar ini sangat pas untuk kita merajut ukhuwah yang menciptakan harmoni untuk memajukan Indonesia," ujar Sukron di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).  

Menurut Sukron, muktamar merupakan momentum yang tepat bagi seluruh kader dan simpatisan Pemuda Muhammadiyah di seluruh Tanah Air untuk merefleksikan kembali visi perjuangan dan agenda nyata. Tujuannya untuk bisa menjawab persoalan yang dihadapi kader Pemuda Muhammadiyah maupun tantangan Indonesia saat ini dan pada masa mendatang.

"Melalui ukhuwah di muktamar nanti dapat menghadirkan energi kebersamaan untuk saling asah, asih, asuh antarsesama kader Pemuda Muhammadiyah," kata Sukron yang juga mahasiswa doktoral Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung.

Menurut Sukron, di antara karakteristik organisasi modernis dan progresif, seperti Pemuda Muhammadiyah adalah sikap inklusivitasnya, termasuk dalam membangun interaksi dan pergaulan yang melintas batas perbedaan agama, suku, ras, golongan dan bahkan perbedaan latar belakang politik.

Spirit pergaulan yang inklusif merupakan salah satu warisan Kiai Ahmad Dahlan yang harus terus dirawat dan dimaknai dalam konteks kehidupan saat ini oleh seluruh kader Pemuda Muhammadiyah. "Pergaulan yang melintas batas sudah menjadi watak organisasi modernis Muhammadiyah," ujar alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tersebut.

"Hal ini sebagaimana dipertegas dalam sepuluh sifat Muhammadiyah disebutkan di antaranya bahwa kader Muhammadiyah harus memperbanyak kawan dan mengamalkan ukhuwah Islamiyah," ujar Sukron melanjutkan.

Berkat pergaulannya, Sukron mendapatkan rekomendasi 27 Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) dari 34 PWPM se-Indonesia pada muktamar 2023. Dengan jumlah sebanyak itu, Sukron memperoleh rekomendasi terbanyak untuk mencalonkan diri sebagai formatur sekaligus calon ketua umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah penerus Sunanto alias Cak Nanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement