Sabtu 18 Feb 2023 17:48 WIB

Dermaga di Baywalk Jakarta Dibangun untuk Akses ke Kepulauan Seribu

Pemprov DKI Jakarta memberikan perhatian untuk kemajuan Kepulauan Seribu.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas berjalan di Dermaga Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (17/7/2021).
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas berjalan di Dermaga Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Sabtu (17/7/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengatakan akan membangun dermaga baru di Baywalk, Penjaringan, Jakarta Utara. Pembangunan fasilitas anyar tersebut bertujuan untuk memperkuat layanan transportasi menuju Kepulauan Seribu.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan perhatian untuk kemajuan Kepulauan Seribu, mengingat wilayah kami belum mempunyai dermaga yang menjadi pintu gerbang masuk ke wilayah Kepulauan Seribu," kata Junaedi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (17/2/2023).

Junaedi menuturkan, pembangunan dermaga tersebut akan dilakukan bersama dengan pengelola Baywalk Jakarta dan PT Seribu Pesona Indonesia. Pihaknya juga akan melibatkan pengelola Kapal Sea Leader Marine yang ada di Marina Ancol untuk memfasilitasi penumpang di Baywalk Jakarta.

Dengan adanya fasilitas dermaga baru tersebut, Junaedi berharap, dapat menciptakan akses yang lebih memadai bagi para wisatawan yang ingin bertandang atau bertamasya ke kepulauan yang memiliki lebih dari 110 pulau tersebut.

Dia juga meyakini kehadiran dermaga baru tersebut dapat meningkatkan jumlah wisatawan. Hal itu ditambah dengan berdirinya Baywalk Mal sebagai tempat belanja yang diantaranya menampung produk unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kepulauan Seribu.

"Dermaga baru ini juga akan menjadi pemicu para wisatawan masuk ke kawasan Baywalk," tutur Junaedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement