Jumat 17 Feb 2023 06:04 WIB

PDIP Akui Target Heru Soal LRT Jakarta Ambisius, Tapi Sudah Diperhitungkan

Gilbert pun menyentil Anies tak membangun LRT Jakarta, beda dengan Pj Heru Budi.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/2/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gilbert Simanjuntak menanggapi pernyataan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang memiliki target pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai dapat selesai pada September 2024.

Padahal, pembangunan fisik LRT Jakarta sepanjang 5,8 kilometer tersebut belum dimulai sama sekali. Pun trase dan pembebasan lahan belum berjalan, karena baru fase kajian.

Meski begitu, Gilbert menilai, langkah Heru bagus karena proyek itu harus cepat selesai agar bisa mengurangi kemacetan di Jakarta. "Saya bilang ambisius ya. Tapi juga sudah diperhitungkan. Ya segera laksanakan pembangunannya," katanya saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta pada Kamis (16/2/2023).

Baca: Meski Belum Dibangun, LRT Jakarta Ditargetkan Rampung September 2024

Dia pun menyentil pembangunan LRT Velodrome-Manggarai tidak terealisasi saat Anies Rasyid Baswedan menjadi gubernur DKI periode 2017-2022. Anggota Komisi B DPRD DKI itu pun membandingkan, beda era Anies dan Heru salah satunya adalah pembangunan LRT Jakarta.

"Ya zamannya Anies itu mah tersendat pembangunannya. Kalau era Gubernur sekarang langsung terima dan membangun LRT tersebut," kata Gilbert. Dia pun menyarankan agar rute LRT Jakarta tidak hanya berhenti di Stasiun Manggarai. Lebih baik rutenya diperpanjang sampai Dukuh Atas.

Dengan begitu, nanti LRT Jakarta bertemu dengan stasiun akhir LRT Jabodebek dan MRT Jakarta serta KRL Commuter Line. Sehingga tercipta integrasi antarmoda. "Lebih luas lagi lebih baik kan? Kemacetan berkurang, masyarakat juga bisa naik transportasi umum ke arah mana saja," ucap Gilbert.

Baca: Stafsus Menteri BUMN Sebut LRT Jabodebek Beroperasi Pertengahan 2023

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanggapi terkait pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai yang ditargetkan selesai pada September 2024. Dia mengaku, wajar saja target yang dicanangkan sangat cepat.

"Ya semuanya ada target. Tahun ini juga sudah berproses," kata Heru kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Rabu (15/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement