Kamis 29 Dec 2022 13:42 WIB

KAI Daop 1 Jakarta Hadirkan Ruang Bermain Anak di Stasiun

Ruang bermain untuk anak ini tersedia di Stasiun Gambir, Pasar Senen dan Cikarang.

Sejumlah penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (ilustrasi). T Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di Stasiun KA Jarak Jauh, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Cikarang.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah penumpang bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (ilustrasi). T Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di Stasiun KA Jarak Jauh, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Cikarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta menyediakan tempat bermain untuk anak-anak di Stasiun KA Jarak Jauh, di antaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Cikarang agar anak-anak tidak jenuh dan bosan menunggu jadwal keberangkatan kereta api.

"Lokasi tempat bermain anak juga menjadi salah satu peningkatan layanan yang dilakukan pada moment libur Natal dan tahun baru," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa di Jakarta, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga

Eva menyampaikan, layanan tempat bermain anak juga ditingkatkan dengan perluasan area dan penambahan jenis perangkat aktivitas bermain seperti di Stasiun Pasar Senen dan Cikarang, termasuk menyediakan permainan digital seperti Game Zone di Stasiun Gambir.

Ia mengatakan, peningkatan layanan tersebut dilakukan karena pada momen libur Natal dan tahun baru banyak penumpang yang bepergian bersama keluarga yang membawa anak kecil. Diharapkan penumpang KA yang masih anak-anak dapat bermain dengan aneka permainan yang disediakan selagi menunggu waktu keberangkatan.

 

Namun demikian keamanan dan keselamatan anak-anak saat bermain tetap menjadi tanggung jawab orang tua maupun pendampingnya. "Agar tetap terjaga, para orang tua atau pendampingnya harus mengawasi anak-anak mereka saat bermain," ujarnya.

Para pelanggan KA dapat memanfaatkan fasilitas layanan tambahan yang disediakan di stasiun, tentunya dengan tetap mengawasi anak yang bermain serta turut menjaga kebersihan dengan tidak memberikan makanan saat anak berada di area bermain khusus tersebut.

KAI Daop 1 Jakarta secara rutin juga melakukan proses pembersihan dan disinfeksi pada area bermain anak di Stasiun. Pada masa Natal dan Tahun Baru 2022/2023 ketiga stasiun tersebut merupakan salah satu stasiun yang cukup padat dikunjungi oleh masyarakat, baik itu untuk KA Jarak Jauh maupun KA Lokal di area Daop 1 Jakarta.

Pada masa Natal dan Tahun Baru 2022/2023 Daop 1 Jakarta memprediksi peningkatan penumpang terjadi hingga dua kali lipat jika dibandingkan tahun lalu. Saat ini tercatat 390 ribu tiket telah terjual untuk periode masa Natal dan Tahun Baru 22 Desember 2022 s.d 8 Januari 2023.

Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan atau meningkat, mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga 8 Januari 2023 masih dijual.Pada Kamis 29 Desember, volume keberangkatan maupun kedatangan mengalami peningkatan cukup tinggi. 

Secara total terdapat sekitar 32.800 pengguna berangkat dari Area Daop 1 Jakarta. Dari jumlah total tersebut sekitar 19.800 penumpang keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 KA dan 13.000 penumpang lainnya keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 35 KA.

Meski mengalami sedikit penurunan dibandingkan tanggal 23 dan 24 Desember lalu, namun jumlah tersebut masih mengalami peningkatan dibandingkan dengan volume di waktu normal yakni dengan rata-rata sekitar 20 ribu penumpang berangkat per hari dari area Daop 1 Jakarta.

"KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik dan memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan," katanya.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement