Kamis 29 Dec 2022 13:14 WIB

Maskapai Dunia Ramai-Ramai Batasi Penumpang dari China

Permintaan penerbangan internasional dari China melonjak.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah pesawat penumpang mendarat di Bandara Internasional Ibukota Beijing di Beijing, Tiongkok, 27 Desember 2022. Maskapai penerbangan dunia mengambil pendekatan hati-hati terhadap pembukaan kembali China.
Foto: EPA-EFE/WU HAO
Sebuah pesawat penumpang mendarat di Bandara Internasional Ibukota Beijing di Beijing, Tiongkok, 27 Desember 2022. Maskapai penerbangan dunia mengambil pendekatan hati-hati terhadap pembukaan kembali China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Maskapai penerbangan dunia mengambil pendekatan hati-hati terhadap pembukaan kembali China. Mereka enggan untuk segera mengubah jadwal dan mengalihkan pesawat dari rute lain meskipun ada permintaan internal China untuk perjalanan internasional.

Penerbangan terjadwal ke China selama Januari, Februari, dan Maret naik tidak lebih dari 2,9 persen pekan ini dibandingkan minggu lalu, menurut penyedia data penerbangan Cirium, seperti dilansir dari The Straits Times, Kamis (29/12/2022). Persentase itu kurang dari 100 penerbangan setiap bulan.

Baca Juga

Layanan yang direncanakan untuk sisa tahun ini sedikit berubah. Tanda bahwa pelonggaran pembatasan karantina China mulai 8 Januari 2023 belum meyakinkan maskapai penerbangan untuk membuat perubahan signifikan pada jadwal mereka.

“Saya kira maskapai penerbangan tidak akan mengubah kapasitas dari apa yang mereka lakukan sekarang di China,” kata Subhas Menon, Direktur Jenderal Asosiasi Maskapai Penerbangan Asia Pasifik.

"Sebagian besar lebih suka menunggu untuk menilai situasinya, dengan Hong Kong, yang juga baru-baru ini menghapus banyak pembatasan Covid-19, menjadi testbed yang berguna," katanya menambahkan.

Sebelum pandemi, China memiliki pasar perjalanan keluar yang sangat besar. Penduduk daratan bereaksi cepat terhadap berita Senin (26/12/2022) lalu dengan pemesanan untuk penerbangan keluar melonjak 254 persen pada Selasa pagi dibandingkan periode yang sama pada hari sebelumnya, data Grup Trip.com menunjukkan.

Lima tujuan teratas adalah Singapura, Korea Selatan, Hong Kong, Jepang, dan Thailand. Pemesanan penerbangan ke Singapura melonjak 600 persen, sementara pemesanan ke empat tujuan lainnya melonjak sekitar 400 persen.

Maskapai di negara-negara tersebut, bagaimanapun, tidak terburu-buru untuk menambah kapasitas.

Singapore Airlines mengatakan akan terus memantau permintaan perjalanan udara dan menyesuaikan kapasitas yang sesuai. Maskapai nasional Singapura ini akan mengaktifkan kembali layanan penumpang Singapura-ke-Beijing pada hari Jumat mulai 30 Desember, setiap dua minggu. Ini terjadi tiga bulan setelah SIA mengaktifkan kembali penerbangan dari Beijing ke Singapura pada 27 September. Penerbangan ini beroperasi setiap Selasa dan Jumat.

Sementara itu, Cathay Pacific Airways Hong Kong menyambut baik pengumuman tersebut dan mengatakan akan terus berkomunikasi dengan otoritas terkait dan meningkatkan kapasitas penumpang kami ke dan dari daratan China sebanyak mungkin.

Korean Air Lines mengatakan berencana untuk meningkatkan penerbangan ke China setelah kedua negara sepakat untuk meningkatkan konektivitas. Meskipun, China telah mencabut aturan karantina, masih ada larangan perjalanan untuk tur kelompok ke Korea Selatan yang telah diberlakukan sejak 2017 – pembalasan dari China sebagai tanggapan atas pengerahan perisai anti-rudal pimpinan AS di Korea Selatan yang dikenal sebagai Thaad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement