Ahad 25 Dec 2022 21:15 WIB

Stasiun Pasar Senin Sediakan Layanan Porter Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus

Layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus.

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Fakhruddin
Stasiun Pasar Senin Sediakan Layanan Porter Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Stasiun Pasar Senin Sediakan Layanan Porter Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Di musim liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Stasiun Pasar Senen meningkatkan layanan bagi penumpang kereta api. Layanan secara cuma-cuma itu berupa jasa porter untuk para pelanggan yang akan melalui jalur penyeberangan bawah (underpass) menuju kereta yang berada di jalur 3 dan 4.

"Petugas pada layanan tersebut secara proaktif akan membantu penumpang yang terlihat membutuhkan bantuan khususnya pada lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak-anak yang akan melintasi underpass menuju peron 3 dan 4 saat akan berangkat ataupun sebaliknya," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Ahad (25/12).

Baca Juga

Menurut Eva, layanan porter gratis tersebut memiliki ciri khusus yakni menggunakan seragam khusus berupa rompi berwarna orange. Layanan porter gratis dihadirkan karena pada musim liburan karakteristik penumpang KA yang berangkat mayoritas bersama keluarga dan membawa anak serta barang bawaan yang cukup banyak. 

"Sementara untuk layanan porter dengan tips jasa sesuai kebijakan pengguna juga masih juga masih ada untuk membantu pelanggan KA di area Stasiun," ungkap Eva. 

Selanjutnya, Eva mengimbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta agar memperhatikan kembali aturan vaksin terbaru. Yaitu mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/3984/2022 tentang Kesiapsiagaan menghadapi libur hari raya Natal dan Tahun Baru 2023.

"Pelanggan KA yang akan bepergian menggunakan jasa layanan KAI juga diimbau agar datang lebih awal ke stasiun pemberangkatan minimal 1 jam sebelum keberangkatan KA nya untuk menghindari resiko tertinggal KA," pesan Eva. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement