Selasa 25 Oct 2022 21:30 WIB

Porprov 2022 Momentum Peningkatan Ruang Publik di Kota Tangerang

Dalam menunjang Porprov Banten 2022, banyak titik yang akan menjadi venue

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat meninjau lahan fasos-fasum di Banjar Wijaya, Tangerang yang sedang dibangun sebagai salah satu venue cabang olahraga dalam Porprov Banten 2022, Selasa (25/10).
Foto: istimewa
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah saat meninjau lahan fasos-fasum di Banjar Wijaya, Tangerang yang sedang dibangun sebagai salah satu venue cabang olahraga dalam Porprov Banten 2022, Selasa (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang tengah menggencarkan kesiapan venue atau lokasi serta berbagai sarana dan prasarana untuk menyambut event pekan olahraga provinsi (Porprov) Banten ke VI yang akan diadakan pada 20—29 November 2022 mendatang.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menekankan pembangunan yang dilakukan dalam menyongsong event tersebut diharapkan secara jangka panjang bisa menjadi ruang publik yang diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat.

Baca Juga

Arief memastikan akan memaksimalkan lahan yang tersedia untuk pelayanan publik seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat untuk ruang khalayak umum. Dengan dijadikan Kota Tangerang sebagai tuan rumah Porprov pada tahun ini, hal itu menjadi momentum untuk meningkatkan ruang publik di Kota Tangerang.

“Saya meminta agar lahan yang ada di sekitaran venue bisa ditata sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat, jadi nanti bisa juga jadi ruang publik,” kata dia, Selasa (25/10/2022).

 

Pembangunan sarana dan prasarana olahraga dilakukan Pemkot Tangerang di tengah keterbatasan lahan di wilayah berjuluk Kota Benteng tersebut. Sehingga Arief menegaskan, diharapkan bangunan-bangunan tersebut juga menjadi ruang kegiatan publik yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Diketahui, dalam menunjang pergelaran Porprov Banten 2022, banyak titik di Kota Tangerang yang akan dijadikan venue untuk perlombaan berbagai jenis olahraga. Diantaranya, kawasan Wisma Atlet Kota Tangerang di wilayah Kelurahan Poris Plawad Indah, Cipondoh, yang menjadi lokasi venue cabang olahraga sepatu roda, dan venue sirkuit grasstrack di wilayah Kelurahan Selapajang, Neglasari.

Kemudian, gedung olahraga (GOR) Dimyati menjadi venue pertandingan basket, dan Gedung Tangerang Convention Center (TCC) sebagai lokasi pertandingan dua cabang olahraga, yakni taekwondo dan senam. Selain itu juga kawasan Mal Alam Sutera menjadi lokasi pertandingan e-sport, muay thai, tinju, serta balap sepeda.

GOR Koang Jaya di Kecamatan Karawaci juga dipersiapkan menjadi venue lokasi tanding cabang olahraga indoor pada gelaran Porprov Banten 2022. Titik venue lainnya yang dilakukan pembangunan dan penataan adalah area bike park di pinggiran Sungai Mookervart untuk cabang olahraga balap sepeda. Adapun GOR Kelurahan Gondrong juga dijadikan venue olahraga bola voli indoor dan outdoor.

Wakil Wali Kota Tangerang sekaligus Ketua Panitia Besar Porprov VI Banten, Sachrudin mengatakan, terus memantau dan mengerahkan upaya dalam kesiapan berbagai sarana dan prasarana, mengingat event Porprov akan berlangsung dalam waktu dekat. Dia menyebut telah meminta seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak-pihak terkait untuk mempercepat terselesaikannya persiapan jelang pergelaran tersebut.

“Saya meminta kepada para OPD dan semua jajaran terkait seperti Perkim (Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan), PUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan yang lainnya agar melakukan percepatan-percepatan progress, khususnya kaitannya dengan venue-venue yang akan digunakan. Kita tetap optimistis supaya venue bisa rampung tepat waktu,” tuturnya.

Dalam proses pemantauan dan pengawasan terhadap pembangunan-pembangunan yang dilakukan, pihaknya sempat melakukan teguran terhadap pemborong. Teguran dilakukan diantaranya terkait proses pengerjaan pembangunan GOR Kelurahan Gondrong yang dinilai tidak maksimal kualitas bangunannya.

Sachrudin memastikan pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap pembangunan jelang event Porprov 2022 yang tengah digencarkan saat ini. Dia meminta agar pembangunan sarana dan prasarana olahraga yang memakan biaya cukup besar itu bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga tidak hanya untuk kepentingan seremonial event saja. 

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement