Ahad 23 Oct 2022 12:18 WIB

Empat Anak Tertangkap Kembali Usai Kabur dari LPKA Medan

Empat anak kembali tertangkap setelah melarikan diri dari LPKA Medan, Sumut.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Tahanan diborgol (Ilustrasi). Empat anak kembali tertangkap setelah melarikan diri dari LPKA Medan, Sumut.
Foto: Antara/Zabur Karuru
Tahanan diborgol (Ilustrasi). Empat anak kembali tertangkap setelah melarikan diri dari LPKA Medan, Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Sebanyak empat Anak dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan yang melarikan diri berhasil ditangkap kembali. Keempat anak yang berinisial SA, AF, FL, dan BS tersebut melarikan diri melalui tembok LPKA saat pelaksanaan shalat subuh pada Jumat (21/10).

"Mereka memanjat tembok LPKA dengan meja dan kursi, dan kemudian melompat keluar. Ada satu  yang ke arah barat yang berbatasan langsung dengan Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara (Rupbasan) Kelas I Medan, dan yang lainnya ke arah timur. Tentu yang ke rupbasan dapat langsung kami amankan," kata Kelapa LPKA Medan, Tri Wahyudi dalam keterangannya yang dikutip pada Ahad (23/10/2022).

Baca Juga

Tri mengungkapkan setelah diketahui ada anak yang melarikan diri, pihaknya langsung membentuk tim untuk melakukan pengejaran. Hasilnya, dalam kurun waktu kurang dari 24 jam ketiga Anak yang lain akhirnya kembali ke LPKA Medan.

“Begitu tim terbentuk, kami langsung berupaya mengejar ketiga Anak tersebut. Ada satu yang diantar kedua orang tuanya kembali, sedangkan dua lainnya ditemukan di bawah jembatan layang jalan tol yang berjarak delapan kilometer dari LPKA,” ungkap Tri.

Setelah kembali ke LPKA, pemeriksaan medis dan pemberian asupan makan langsung dilakukan kepada Anak yang melarikan diri. Terlebih terdapat Anak yang mengalami cidera setelah lompat dari tembok LPKA.

“Secara umum semua Anak yang melarikan diri dalam kondisi sehat dan terus di bawah pengawasan kami. Kami memastikan seluruh kesehatan mereka pulih untuk nantinya kami periksa dan tentu tetap kami berikan hukuman disiplin sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Tri.

Pascakejadian ini, jajaran LPKA Medan langsung memeriksa dan melakukan sterilisasi area sekitar blok hunian serta penguatan pengawasan dan kewaspadaan atas gangguan keamanan dan ketertiban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement