Sabtu 04 Jun 2022 18:22 WIB

Jokowi Sampaikan Dukacita Meninggalnya Putra Ridwan Kamil

Emmeril Kahn Mumtadz dinyatakan meninggal setelah hilang terseret arus Sungai Aare.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.
Foto: Pertamina
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan duka cita atas meninggalnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Jokowi mengatakan, kematian merupakan sebuah misteri kehidupan.

"Innalilahi wa innailaihi rojiun. Semua dari Allah dan akan kembali kepada-Nya kita semuanya. Kita tidak tahu mengenai kematian. Ini adalah sebuah misteri," kata Jokowi kepada wartawan, usai menyaksikan balap mobil listrik Formula E, Sabtu (4/6).

Jokowi mengaku, telah menghubungi Ridwan Kamil usai mendapatkan kabar tenggelamnya Eril di Sungai Aare Swiss pada Kamis (26/5). Dia menyebut, mengikuti terus perkembangan terkini dari upaya pencarian Eril.

Selain itu, Jokowi juga mengaku, telah memerintahkan Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Indonesia untuk membantu upaya pencarian semaksimal mungkin.

"Tapi, memang sampai sekarang belum bisa ditemukan dan saya sudah menyampaikan dukacita yang mendalam kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil serta seluruh keluarga diberikan keiklasan dan kesabaran dalam menghadapinya," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ikhlas melepas putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau biasa dipanggil Eril. Kang Emil dan keluarga menyatakan Eril sudah meninggal dunia setelah terseret arus sungai Aaree di Kota Bern, Swiss, Kamis (26/5).

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar pun membuat surat edaran, menyerukan pada semua masyarakat agar menggelar shalat Gaib untuk Eril yang hanyut di Sungai Aare. Surat edaran MUI Jabar tersebut dibuat pada Kamis (2/6) yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum MUI Jabar, Rahmat Syafei dan Sekretaris Umum Rafani Achyar.

Pada surat edaran tersebut disebutkan, berkenaan dengan musibah yang dialami Emmeril Kahn Mumtadz, putra sulung Gubernur Jabar M Ridwan Kamil yang hilang saat berenang di Sungai Aare dan hingga sekarang belum ditemukan. MUI Jabar turut merasakan kesedihan yang mendalam seraya mendoakan semoga Kang Emil beserta keluarga tetap diberi kekuatan dan ketabahan dalam menerima musibah itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement