Jumat 13 May 2022 18:36 WIB

Legislator Dukung Langkah Propam Polri Rehab 136 Polisi Pecandu Narkoba

Polisi perlu meningkatkan pengawasan internal agar anggotanya bisa hindari narkoba.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus Yulianto
Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.
Foto: DPR RI
Anggota Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni, menyambut positif langkah Propam Polri yang telah mengirimkan 136 Polisi yang diduga terlibat dalam penyalahgunaan narkoba ke Korps Brimob untuk menjalani rehabilitas pembinaan dan pemulihan. Upaya tersebut sangatlah tepat untuk menangani para anggota Polri yang terjerat narkoba.

"Saya apresiasi sekali kepada Pak Sambo bersama Propam Polri karena telah menggagas sebuah program untuk mengirim 136 anggotanya yang terlibat narkoba ke Korps Brimob untuk menjalani pembinaan hingga pemulihan. Ini langkah yang sangat tepat," kata Sahroni dalam keterangan tertulisnya Jumat (13/5).

Sahroni menambahkan, sebagai satuan yang terlatih, penyalahgunaan narkoba di tangan polisi bisa sangat beresiko. "Warga sipil biasa saja kalau sudah jadi pecandu bisa bahaya, jadi pencuri bahkan pengedar. Apalagi orang yang terlatih seperti anggota polri," ucapnya.

Politikus Partai Nasdem itu menuturkan, selain mengirim para pecandu ke rehabilitasi, polisi juga perlu meningkatkan terus pengawasan internalnya agar penyebaran narkoba di kalangan polisi bisa dihindari. Menurutnya diperlukan sanksi tegas agar peristiwa serupa tidak terjadi.

"Yang kena direhab itu sudah sangat tepat, lalu untuk di internal polisinya sendiri, saya mendukung Propam dan jajarannya untuk terus meningkatkan pengawasan agar tidak ada penyebaran di kalangan aparat. Diperlukan sanksi tegas dan tidak pandang bulu agar Korps Bhayangkara bebas narkoba," ujarnya.

Sebelumnya Divisi Propam Polri mengungkap sebanyak 136 anggota terlibat penyalahgunaan narkoba. Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo mengatakan, seluruhnya telah dibawa ke Korps Brimob untuk menjalani pembinaan dan pemulihan.

"Saya titip 136 personel kepada Dankor Brimob, sehingga dapat menjadi personel yang Presisi dan berintegritas," kata Sambo dalam keterangannya, Kamis (12/5). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement