Jumat 11 Feb 2022 09:20 WIB

Gerindra Klaim Sudah Siapkan Bakal Cagub DKI Jakarta 2024, Siapa?

Riza Patria yang kini mendampingi Anies mengaku siap menjadi wagub di periode depan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Zainur Mahsir/ Red: Agus raharjo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersiap menaiki sepeda saat melakukan inspeksi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (2/10). Inspeksi itu untuk meninjau fasilitas trotoar dan jalan yang memerlukan perbaikan. Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersiap menaiki sepeda saat melakukan inspeksi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Jumat (2/10). Inspeksi itu untuk meninjau fasilitas trotoar dan jalan yang memerlukan perbaikan. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan bahwa pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta menjadi salah satu fokus partainya di 2024. Ia mengeklaim, Gerindra sudah mengantongi nama-nama bakal calon gubernur Jakarta.

"Gerindra sudah menyiapkan sejumlah nama, sejumlah tokoh Pak Prabowo sudah beberapa kali diskusi," ujar Muzani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Baca Juga

Ditanya siapa sajakah nama calon gubernur yang sudah dikantongi Partai Gerindra, ia beralasan lupa. Muzani pun masih enggan mengunggap sosok yang akan maju di Pilgub DKI Jakarta pada 2024.

"Karena saya belum cek saya belum menyebut apakah lebih dari dua, tiga, saya belum nyebut," ujar Muzani

 

"Saya minta maaf saya belum cek. Apakah internal apakah eksternal semua saya nggak tahu," sambung Wakil Ketua MPR itu.

Sebelumnya, Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra M Taufik menyoroti hasil survei Populi Center yang menyebut 86 persen responden puas dengan kinerja Gubernur DKI Anies Baswedan-Wagub Riza Patria. Menurut dia, survei tersebut memang sejalan dengan kinerja Gubernur DKI Jakarta yang selama ini dinilai baik oleh banyak pihak.

“Pertama memang harus kita akui kinerjanya (Anies) bagus,” kata Taufik ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (10/2/2022).

Namun demikian, dia tak menampik masih banyaknya pihak yang kerap mencerca kinerja mantan mendikbud tersebut. Taufik mengatakan, penilaian dari beberapa pihak tersebut masih terkesan berunsur politis “Kalau mau menilai objektif kan saya kira semua mata tahu kok,” tutur dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengaku siap jika dirinya kembali menjadi wakil gubernur di periode mendatang. Hal itu untuk menanggapi namanya masuk dalam bursa Pilkada DKI Jakarta 2024.

“Ya saya siap menjadi wakil gubernur DKI lagi,” kata Riza saat ditemui di DPRD DKI, Rabu (5/1/2022).

Riza Patria menambahkan, saat dipilih DPRD untuk mengemban jabatan wagub mendampingi Anies, ia sudah bertekad bakal menyiapkan diri untuk menjadi wagub lagi jika kinerjanya bagus. “Tujuan saya supaya kita bisa menjaga kinerja di DKI Jakarta lebih baik, supaya kita bisa membuat situasi politik lebih kondusif,” katanya.

Ditanya apakah siap menjadi Gubernur DKI 2024 nanti, Riza tak menampiknya. Kendati demikian, dia menyebut agar masyarakat yang menentukan kinerja dan pilihannya di 2024 nanti.

“Saya kira tugas dan tanggung jawab kita adalah melaksanakan amanah yang ada. Pilkada masih 2024, jadi laksanakan dulu dengan baik tugas saat ini,” lanjut Riza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement