Kamis 04 Nov 2021 00:13 WIB

Tingkatkan Kualitas Remaja Melalui Pelatihan Bahasa Inggris

Pembelajaran melalui video animasi merupakan langkah efektif belajar bahasa inggris

Dosen dan mahasiswa prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan anggota DKM Masjid Al Muttaqin, Sabtu (16/10) silam.
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Dosen dan mahasiswa prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan anggota DKM Masjid Al Muttaqin, Sabtu (16/10) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dosen dan mahasiswa prodi Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian masyarakat (PM) dengan anggota DKM Masjid Al Muttaqin, Sabtu (16/10) silam.

Kegiatan yang berlangsung secara daring ini, diketuai Bobby Octavia Yuskar dan beranggotakan Andika Hendra Mustaqim, Dwi Indarti, Muji Endah Palupi, serta beberapa mahasiswa Universitas BSI. PM ini berupa pelatihan bahasa inggris dasar pada anggota DKM Masjid Al Muttaqin, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Baca Juga

Bobby diawal sambutannya mengatakan, pengabdian masyarakat ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud tugas dosen dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Tujuan utama PM ini untuk berbagi ilmu pengetahuan terutama bahasa inggris. Kami mengajarkan basic adverb of frequency to express habitual actions kepada remaja Masjid Jami’ Al Muttaqin,” tutur Ibnu, Sabtu (16/10) silam.

Selanjutnya, PM ini dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang adverb of frequency to express habitual actions pada anggota DKM Masjid Al Muttaqin, Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang disampaikan oleh Suci selaku tutor. “Adverb of frequency to express habitual actions memiliki skala tertentu dalam penggunaannya, seperti always hingga often,” ujar Dwi, Sabtu (16/10) silam.

Selain menjelaskan secara detil, ia juga menampilkan video pembelajaran berdurasi selama dua menit tentang penggunaan adverb frequency to express habitual actions. “Pembelajaran melalui video animasi tersebut merupakan langkah efektif dan efisien untuk menarik perhatian peserta sehingga tidak bosan,” pungkasnya.

Lanjutnya, pembelajaran dengan video animasi berisi penjelasan adverb of frequency memberikan perspektif pembelajaran yang lebih solutif, kreatif dan imajinatif. Dwi juga membangun interaksi dengan peserta pembelajaran secara virtual. Itu bertujuan mengontruksi pemahaman adverb of frequency to express habitual actions dengan cara memberikan latihan soal yang lebih aplikatif.

“Pembelajaran interaktif pada pengabdian masyarakat ini, mampu memicu partisipasi yang intensif dari para peserta,” tukasnya.

Sementara itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI Baiatun Nisa. Ia mengatakan, pengabdian masyarakat ini atas kerja sama Prodi Bahasa Inggris dengan DKM Al Muttaqin.

“Hal ini tentunya menjadi simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak. Dosen bisa berbagai ilmu secara langsung di masyarakat, sedangkan remaja Masjid bisa mendapatkan materi pembelajarannya,” ujar Baiatun, Sabtu (16/10) silam.

Baca juga : Posisi Lidah Bisa Bantu Hasilkan Selfie yang Lebih Menawan

Pengabdian masyarakat tersebut juga mendapatkan sambutan positif dari pengurus DKM Al Mutaqqin. Ahmad Sofyan, pengurus DKM Masjid Al Mutaqqin dan Yayasan Pesona Al Mutaqqin, mengucapkan terima kasih kepada Universitas BSI yang berkenan untuk bekerja sama dan memberikan pelatihan di tempatnya.

“Ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bahasa Inggris dimana kemampuan bahasa Inggrisnya salah paham,” ungkap Sofyan, Sabtu (16/10) silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement