Selasa 27 Apr 2021 10:45 WIB

Universitas BSI Kampus Margonda gelar Workshop Fotografi

Kegiatan ini bagian dari workshop berbagi sesama insan yang telah digelar 21 April

Sektor industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Indonesia memiliki 14 jenis industri kreatif yang menjadi penopang perekonomian masyarakat, salah satunya industri fotografi.
Foto: istimewa
Sektor industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Indonesia memiliki 14 jenis industri kreatif yang menjadi penopang perekonomian masyarakat, salah satunya industri fotografi.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Sektor industri kreatif menjadi tulang punggung perekonomian di Indonesia. Indonesia memiliki 14 jenis industri kreatif yang menjadi penopang perekonomian masyarakat, salah satunya industri fotografi. Tumbuhkan motivasi dan potensi generasi muda dalam bidang fotografi dan desain, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) Kampus Margonda-Depok menggelar workshop pelatihan dengan tema ‘Fotografi dan Desain Media Sosial’ secara daring lewat zoom, Jumat (23/4). 

Workshop ini merupakan kegiatan dari program ‘Berbagi Sesama Insan’ yang diselenggarakan  Universitas BSI Kampus Margonda selama bulan Ramadhan yang juga secara serentak di seluruh wilayah kampus BSI. Kegiatan ini juga rangkaian dari workshop Berbagi Sesama Insan yang telah digelar pada 21 April 2021 dengan tema ‘Fotografi Industri Kreatif dan Power of Canva’. Pembicara yang dihadirkan ialah Christopher Yudha Erlangga dan Taat Kuspriyono. 

Christopher mengemukakan seorang fotografer perlu mempelajari teknik dasar fotografi seperti teknik hyperfocal, freezing, silluet, selecting focus, panning, Blur, Bulb, Zooming dengan aperture dan pengaturan speed dalam kamera. Selain itu, komposisi, pencahayaan, rule of third, dan konsep kreativitas dalam mengambil objek fotografi juga perlu diperhatikan.

“Pandemi Covid 19 saat ini jangan menjadi halangan dalam berkarya dan menuangkan ide kreativitas serta menghasilkan keuntungan dalam bisnis fotografi dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada seperti modelling photography, wedding photography,  product photography, bahkan bisa menjual karya di gettyimages  yang menguntungkan,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Senin (26/4). 

Sementara itu, Taat Kuspriyono selaku narasumber kedua juga mengutarakan bahwa konten media sosial dapat berupa fotografi dengan sentuhan artistik yang membuat daya pikat untuk melakukan promosi produk. 

“Tentunya seorang desainer grafis harus membuat karya yang kreatif denggan memadukan elemen-elemen desain yang ada dengan aplikasi desain ataupun Canva sebagai platform desain yang tersedia yang memiliki keunggulan masing-masing. Selain aplikasi tentang desain seperti adobe photoshop dan lain-lain,” ungkapnya. 

Kegiatan ini memberikan manfaat positif bagi para peserta, salah satunya Dafa Aryo Saputro yang berasal dari SMK Taruna Terpadu 1 Jakarta. “Kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kami para pelajar agar terinspirasi di dunia bisnis desain dan fotografi dan berharap ke depannya bisa diadakan lagi dengan materi yang tak kalah menarik,” tuturnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement