Rabu 10 Mar 2021 17:55 WIB

Penuhi Panggilan KSP, Dirut Jiwasraya Siap Temui Nasabah

Ada empat poin tuntutan yang disampaikan Forum Nasabah Korban Jiwasraya ke KSP.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Direktur Utama Jiwasraya Hexana Tri Sasongko
Foto:

Menanggapi permintaan Moeldoko, PT Asuransi Jiwasraya pun siap kembali bertemu dan menjalin komunikasi dengan FNKJ. Hexana menjelaskan, langkah-langkah yang diambil Jiwasraya itupun dilakukan berdasarkan pertemuan dengan komisi VI DPR hingga komunikasi secara langsung dengan para nasabah (korporasi, ritel, dan bancassurance).

“Bahkan, sudah 72 persen nasabah bancassurance, 61 persen nasabah korporasi dan 68 persen nasabah ritel sudah setuju restrukturisasi,” kata Hexana.

Hexana pun menekankan, setiap langkah yang dilakukan memiliki legal opinion. Hal ini pula yang, menurut Hexana, belum banyak dipahami para nasabah, terutama nasabah bancassurance. 

Meski begitu, dia menyadari, opsi-opsi yang ada tidak bisa memuaskan semua pihak. Namun, menjadi salah satu opsi yang paling baik daripada bailout atau likuidasi.

Sementara itu Direktur Utama IFG Robertus Bilitea menjelaskan, pihaknya terus memproses pemindahan polis Jiwasraya ke IFG Life yang saat ini masih menunggu izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Melalui opsi ini, polis Jiwasraya akan dikelola oleh IFG Life yang akan mendapat suntikan modal Rp 20 triliun dari pemerintah ditambah dengan Rp 4,7 triliun dari IFG sebagai holding.

“Opsi ini merupakan opsi terbaik dalam upaya penyehatan polis Jiwasraya. Dengan modal yang ada, kami harap bisa memastikan keberlangsungan pemindahan polis,” ujar Robertus.

Pada kesempatan yang sama, Direktur JKN Isa menegaskan, apa yang disampaikan Hexana dan Robertus merupakan bukti bahwa negara tidak tinggal diam dalam menyelesaikan permasalahan Jiwasraya.

 

“Apa yang kami lakukan lebih baik dari permasalahan asuransi yang lain. Langkah ini memang tidak sempurna, tapi pemerintah sudah komitmen untuk menyelesaikan,” ujar Isa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement