Senin 01 Apr 2024 17:22 WIB

KSAU Pengganti Marsekal Fadjar Prasetyo Segera Ditunjuk, Moeldoko: Sabar

KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo akan memasuki usia pensiun pada 9 April 2024.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko memastikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera menunjuk calon pengganti Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo sebelum memasuki masa pensiun. KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo akan memasuki usia pensiun pada 9 April 2024.

"(Dipilih sebelum pensiun) ya pastilah," kata Moeldoko di gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2024).

Baca: Empat Calon KSAU, Eks Ajudan dan Sesmilpres Jadi Kandidat Terkuat

Saat ditanya terkait nama calon kandidat KSAU ke-24 yang dipertimbangkan Presiden Jokowu, Moeldoko pun meminta agar masyarakat menunggu. "Tunggu aja kenapa sih, kok enggak sabar," kata eks panglima TNI tersebut.

Sementara itu, Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, penunjukan calon pengganti KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menyebut sudah ada beberapa tokoh yang dipertimbangkan.

Namun, Ali Ngabalin enggan mengungkap nama-nama tersebut. "Kewenangan Presiden. Ada beberapa, tapi okelah, jangan dulu. Ada di WA-ku sih tadi," ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Baca: Marsdya Tonny Harjono, Penerbang F-16 dan Sukhoi Kandidat Terkuat KSAU

Ali Ngabalin pun meyakini nama kandidat yang tengah dipertimbangkan merupakan sosok yang mumpuni. Selain itu, ia juga memastikan pelantikan akan dilakukan sebelum Marsekal Fadjar Prasetyo pensiun sehingga tidak terjadi kekosongan.

"Ya sesuai batas waktu periode KSAU yang sekarang kapan selesai pasti tidak mungkin terjadi kekosongan," kata Ali Ngabalin.

Sebelumnya beredar empat nama tokoh yang dipertimbangkan untuk mengisi jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) selanjutnya. Kandidat tersebut akan dilantik di Istana Kepresidenan pada pekan ini.

Keempat tokoh itu adalah Wakil KSAU Marsdya Andyawan Martono Putra, Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) Marsdya Samsul Rizal, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya Tedi Rizalihadi, dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Marsdya M Tonny Harjono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement