Ahad 31 Jan 2021 07:03 WIB

Menaker Harap BBPLK Bantu Pengembangan SDM Danau Toba

Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas membutuhkan SDM berkualitas.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah
Foto: ADITYA PRADANA PUTRA/ANTARA
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung program destinasi wisata super prioritas Danau Toba. "Untuk pengembangan Danau Toba, diperlukan SDM andal dan BBPLK Medan diharapkan bisa mendorong penguatan kemampuan dan kapasitas SDM untuk kawasan wisata itu," ujarnya di Medan, Sabtu (30/1).

Dia mengatakan itu usai menyaksikan penandatanganan kerja sama atau MoU antara BBPLK Medan, Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) dengan mitra asosiasi/industri di BBPLK Medan. Menurut menteri, setiap pekerja harus punya keterampilan dan tersertifikasi.

Baca Juga

Keterampilan juga harus bisa diperbarui terus menerus agar dapat mengikuti perubahan karakter pekerjaan yang begitu cepat. Dengan keterampilan, setiap individu akan punya kemampuan bekerja secara terus menerus, baik bekerja untuk orang lain maupun membuka lapangan kerja baru.

"Danau Toba sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas di Sumut membutuhkan SDM berkualitas," ujarnya menambahkan.

 

photo
Danau Toba, Sumatera Utara. - (Antara/Sigid Kurniawan)

Menaker mengungkapkan, pada 2020 angka pengangguran di Indonesia meningkat menjadi 9,7 juta jiwa akibat pandemi Covid-19. Padahal, sebelum pandemi Covid-19, Indonesia berhasil menurunkan pengangguran.

Sekda Provinsi Sumut Sabrina mengapresiasi kesepakatan antara BBPLK Medan dengan mitra asosiasi/industri tersebut. Menurut dia, sinergi memang diperlukan guna meningkatkan kualitas SDM di Sumut.

Apalagi, katanya, di Sumut masih banyak potensi bisnis yang bisa mendorong perekonomian, seperti Danau Toba yang dijadikan salah satu destinasi wisata super prioritas.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement