Rabu 16 Oct 2019 11:08 WIB

PKB Incar Komisi Perdagangan, Nasdem Mau Komisi Pertambangan

PKB mengincar Komisi VI karena dinilai sesuai dengan hasil muktamar mereka.

Rep: Febrianto Adi Saputra/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan DPR bersiap memimpin rapat konsultasi bersama pimpinan fraksi - fraksi DPR di ruang Komisi VII, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).
Foto: Republika/Prayogi
Ketua DPR Puan Maharani bersama pimpinan DPR bersiap memimpin rapat konsultasi bersama pimpinan fraksi - fraksi DPR di ruang Komisi VII, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membidik sejumlah kursi ketua di sejumlah komisi di DPR. Salah satunya komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, dan UMKM.

"Bisa juga kita kan harus kawal (Komisi VI), ada fungsi koordinasi antarkementerian itu seperti keberpihakan kita terhadap pesantren bukan hanya di komisi VIII," kata ketua fraksi PKB Cucun A Syamsurizal, Selasa (15/10).

Baca Juga

Cucun menjelaskan, fraksi PKB mengincar komisi VI lantaran hal itu sesuai dengan hasil Muktamar PKB yang digelar Agustus lalu. Ia juga mengatakan bahwa pembicaraan mengenai alat kelengkapan dewan (AKD) baru pada proporsional untuk setiap fraksi. Ia berharap agar penentuan AKD bisa segera selesai dalam waktu dekat.

"Kita berharap bisa secepatnya selesai dan kinerja setiap anggota sudah pada posisi AKD nya masing masing dan menjalankan fungsi DPR," jelasnya.

Sementara itu Fraksi Partai Nasdem dan fraksi Partai Gerindra sama-sama mengincar komisi VII. Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR Ahmad Ali mengatakan nasdem berhak mendapatkan dua kursi ketua dan tujuh wakil ketua. "Nasdem berkeinginan untuk berkontribusi di bidang minerba dan lingkungan, makanya kemudian saya berharap Nasdem bisa di Komisi VII," kata Ali.

Sementara itu, Partai Gerindra mengincar empat kursi ketua di dalam AKD. Empat komisi tersebut diantaranya komisi I, komisi III, komisi IV, dan komisi VII.

Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mengatakan komisi-komisi tersebut dinilai sesuai dengan visi dan misi Partai Gerindra. Khususnya dalam  mensejahterakan masyarakat Indonesia. "'Lima itu konsentrasi intisari dari visi misi program Prabowo, kalau bangsa ini mau maju fokus di situ," ujar Riza Patria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement