Senin 19 Aug 2019 21:00 WIB

Atap SDN Depok Baru Rusak Tertimpa Puing Proyek Stadion

SDN Depok Baru 5 persis di belakang Stadion Lapangan Merpati yang sedang direnovasi.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Atap ruang kelas SD Depok Baru 5  mengalami kerusakan akibat tertimpa tembok Stadion Lapangan Sepakbola Merpati  yang sedang direnovasi, di Jalan Merpati, Kelurahan Depok Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan genteng yang rusak pun sudah diperbaiki.
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Atap ruang kelas SD Depok Baru 5 mengalami kerusakan akibat tertimpa tembok Stadion Lapangan Sepakbola Merpati yang sedang direnovasi, di Jalan Merpati, Kelurahan Depok Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan genteng yang rusak pun sudah diperbaiki.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Atap ruang kelas SD Depok Baru 5 mengalami kerusakan akibat tertimpa tembok Stadion Lapangan Sepak Bola Merpati yang sedang direnovasi di Jalan Merpati, Kelurahan Depok Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan genteng yang rusak pun sudah diperbaiki.

"Kejadiannya Jumat (16/8) sekira pukul 15.00 WIB, hanya puing-puing bangunan jatuh tertimpa genteng. Saat kejadian sudah tidak ada proses belajar mengajar. Sudah diperbaiki," ujar Kepala Sekolah SDN Depok Baru 5, Robani, Senin (19/8).

Menurut Robani, SDN Depok Baru 5 berada persis di belakang Stadion Lapangan Sepak Bola Merpati yang saat ini sedang direnovasi. "Memang tembok stadion menempel dengan sekolah kami. Suara bising dari pekerjaan yang dilakukan sedikit menganggu proses belajar mengajar," jelasnya.

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok bertanggung jawab atas pelaksanaan poyek penataan Stadion Sepak Bola Merpati yang dikerjakan PT Sihyong Jaya Persada dengan menelan anggaran sebesar Rp 8 miliar. "Kami sudah perbaiki kerusakan genteng sekolah. Ini pembangunan tahap ketiga yang kami lakukan," ujar Nainggolan, penanggung jawab kontraktor dari PT Sihyong Jaya Persada.

Kepala Bidang Tata Bangunan Disrumkim Kota Depok, Suwandi mengatakan, pihaknya memang sedang melanjutkan renovasi Stadion Sepak Bola Merpati yang diperkirakan selesai pada 28 Desember 2019. Ini renovasi tahap ketiga.

"Pada 2019, rencananya renovasi lanjutan dari stadion akan difokuskan pada perbaikan tribun selatan dan bagian luar lapangan. Untuk tribun selatan akan dirobohkan bangunan yang lama karena sudah tak layak, kemudian dibangun baru. Sedangkan renovasi bagian luar berupa perbaikan lapangan parkir," ujar Suwandi.

photo
Atap ruang kelas SD Depok Baru 5 mengalami kerusakan akibat tertimpa tembok Stadion Lapangan Sepakbola Merpati yang sedang direnovasi, di Jalan Merpati, Kelurahan Depok Baru, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jumat (16/8). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut dan genteng yang rusak pun sudah diperbaiki.

Suwandi menambahkan, rehab dilakukan selama tiga segmen, yaitu pada 2017, 2018, dan 2019, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok. Pada 2017 diketahui kegiatan renovasi memakai anggaran Rp 2,03 miliar, di 2018 sebesar Rp 9,42 miliar. Adapun pada 2019 dianggarkan Rp 8,750 miliar.

"Kami telah merampungkan renovasi terhadap beberapa infrastruktur yang berada di dalam stadion. Di antaranya, tribun timur dan utara, drainase, serta lapangan. Diharapkan pada 2020 Stadion Merpati sudah layak digunakan," jelas Suwandi.

Berdasarkan pemantau Republika.co.id, tembok stadion yang sedang di renovasi sangat dekat dengan gedung SDN Depok Baru 5. Tampak pekerja sedang membongkar bangunan tempat duduk penonton. Para pekerja lainnya sedang melakukan penataan trotoar. Suara yang ditimbulkan dari kegiatan proyek renovasi tersebut cukup bising.

Proyek dengan anggaran yang cukup besar mencapai Rp 20 miliar dengan pekerjaan tiga segmen sejak 2017 lalu itu masih tampak berantakan dan tidak terlihat perubahan yang berarti. Rumput lapangannya pun mengering tak terawat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement