Senin 29 Jul 2019 23:45 WIB

Depok Buat Buku Kependudukan untuk Tentukan Kebijakan

Perencanaan pembangunan daerah harus menggunakan data dan informasi yang akurat.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Gapura Kota Depok (ilustrasi).
Foto: Wordpress.com
Gapura Kota Depok (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membuat buku profil kependudukan yang diharapkan dapat berguna untuk menentukan kebijakan. Buku profil kependudukan memiliki peranan penting dalam menentukan arah pembangunan.

"Data di dalam buku profil tersebut berguna untuk menentukan kebijakan," ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Ahmad Kafrawi, di Balai Kota Depok, Senin (29/7).

Menurut Kafrawi, data kependudukan sangat penting. Untuk itu, penyusunannya harus semakin disempurnakan. "Karena baik perencanaan dan evaluasi dapat diambil dari data itu," jelasnya.

Menurut Kafrawi, perencanaan pembangunan daerah harus menggunakan data dan informasi yang akurat. Selain itu, data tersebut harus bisa dipertanggungjawabkan. "Masalah kependudukan, sumber daya daerah, maupun informasi tentang wilayah lainnya harus dapat terlihat dari buku ini. Agar dapat terlihat pula gambaran yang jelas tentang perkembangan Kota Depok," jelasnya.

Kafrawi menambahkan, harapannya penyusunan buku kependudukan dapat terus disempurnakan. "Hari ini dalam lokakarya dihadirkan pula camat, lurah, serta semua dinas, berkolaborasi dalam penyusunan data kependudukan agar semakin sempurna," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement