Selasa 29 Jan 2019 07:48 WIB

Transjakarta Buka Rute Baru Koridor 12E Kota Tua-Pluit

Transjakarta menggunakan bus jenis metrotrans untuk koridor baru tersebut.

Rep: Mimi Kartika/ Red: Bayu Hermawan
Bus Transjakarta
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bus Transjakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menambah koridor baru 12E dengan lima unit bus low entry atau Metrotrans berwarna oranye. Rute pemberangkatan awal dari halte BNI 46, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat melewati Jalan Mangga Dua Raya sampai Jalan Lodan Raya, Jakarta Utara.

"(Koridor 12E) pakai lima unit bus low entry," ujar Direktur Operasional Transjakarta Daud Joseph dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/1).

Bus Transjakarta koridor 12E akan melewati sebanyak 32 pemberhentian untuk menaikturunkan penumpang. Dari halte BNI 46 kemudian bergerak ke halte Stasiun Jakarta Kota Baru, Pangeran Jayakarta 2, Gang Abdul Hamid.

Selanjutnya halte Pasar Pagi Mangga Dua, Skywalk ITC Mangga Dua, ITC Mangga Dua, Pasar Tekstil Mangga Dua, Jalan Mangga Dua VIII, Grand Boutique Centre, WTC Mangga Dua, dan Pademangan WTC Mangga Dua. Lalu berhenti juga di Pompa Viaduct Ancol, Smarthomm, dan Sentra Bisnis RE Marta Dinata.

Selain itu koridor 12E akan berhenti di halte Ruko Grand Ancol, KPP Pratama Jakarta Pluit, Universitas Bunda Mulia, Lodan Center P2, Seberang Jalan Lodan Dalam, Pelabuhan Sunda Kelapa, serta Pintu Air Sunda Kelapa. Kemudian melanjutkan ke halte Museum Bahari 2, Simpang Pakin 2, Simpang Pakin 3, SPBU Gedong Panjang.

Tak hanya itu, halte berikutnya yakni BRI Jakarta Kota, Simpang Kopi Roa Malaka, Jembatan Kota Intan, Hotel 1001, Simpang Kunir Kemukus, Kecamatan Taman Sari, dan kembali ke halte BNI 46. Untuk jam operasional, koridor 12E akan beroperasi dari pukul 05.00-22.00 WIB dengan tarif Rp 3.500 menggunakan kartu pembayaran elektronik.

Petugas Transjakarta koridor 12E, Gusti mengatakan, sejak pagi hingga sore pada hari pertama beroperasi Senin (28/1) baru ada sekitar empat orang penumpang yang menaiki koridor 12E. Termasuk Republika yang menjajal bus tersebut naik dari halte ITC Mangga Dua hingga halte BNI 46.

Selama perjalanan, Gusti selalu mengucapkan dengan lantang rute koridor 12E di setiap pemberhentian. Akan tetapi, hingga akhir pemberhentian, hanya Republika yang berada di bus tersebut ditemani dua orang petugas keamanan yang mengawal pengoperasian pertama serta pengemudi.

Menurut Gusti, bus Transjakarta koridor 12E disediakan untuk melayani warga yang belum dilalui rute angkutan umum. "Ini kan panjang rutenya, di Jalan Lodan itu belum ada angkutan umum," kata Gusti kepada Republika.co.id, Senin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement