Selasa 31 Jul 2018 11:12 WIB

Puan Sampaikan Undangan Asian Games ke Korut

Kunjungan Puan juga untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korut.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.
Foto: Humas
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI Puan Maharani selaku utusan khusus Presiden RI berkunjung ke Korea Utara. Kunjungan itu untuk menyampaikan undangan menghadiri Asian Games kepada Pemerintah Korea Utara.

Menko PMK RI menyampaikan undangan tersebut kepada Presiden Presidium Majelis Agung Korea Utara Kim Yong Nam di Mansundae Assembly Hall, Pyongyang pada Senin (30/7), seperti disampaikan dalam keterangan tertulis dari KBRI Pyongyang yang diterima di Jakarta, Selasa (31/7). Menko PMK menyampaikan surat undangan dari Presiden RI Joko Widodo kepada Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un untuk menghadiri acara pembukaan Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus 2018. 

Pada pertemuan tersebut, Puan menyatakan, Asian Games dapat dijadikan sebagai momentum untuk mempererat persahabatan dan perdamaian, termasuk upaya perdamaian di Semenanjung Korea. Puan menyampaikan pemerintah RI menyambut baik rencana kedua Korea untuk membentuk tim bersama dalam beberapa cabang olahraga di Asian Games 2018, yaitu bola basket putri, kano, dan dayung.

Menko PMK juga mengutarakan maksud lain dari kunjungannya ke Korea Utara. Kunjungan itu untuk memperkuat hubungan persahabatan RI-Korea Utara mengingat kedua bangsa memiliki hubungan sejarah yang panjang.

Hubungan persahabatan kedua bangsa dibangun oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il-sung. Hubungan tersebut terus dibina dan dikembangkan oleh generasi penerus hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, Puan menyampaikan selamat kepada pemerintah dan rakyat Korea Utara atas peringatan 70 tahun berdirinya negara Korea Utara pada 9 September 2018. Dalam tanggapannya, Presiden Presidium Korut Kim Yong-nam menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Jokowi atas undangan tersebut.

Kim Yong-nam segera menyampaikannya kepada Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un. Kim Yong-nam juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Jokowi dan rakyat Indonesia dalam mendukung upaya perdamaian di Semenanjung Korea.

Pada pertemuan tersebut, Puan juga memberikan kepada Presiden Presidium Kim Yong Nam tiga maskot Asian Games, yakni Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka. Korea Utara dan Korea Selatan merupakan dua di antara 45 negara peserta Asian Games 2018. 

Sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Panmunjom, kedua Korea akan bertanding dalam beberapa cabang olahraga sebagai satu tim Korea dan berbaris bersama di bawah bendera unifikasi pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement