Sabtu 23 Jun 2018 12:08 WIB

JK Terima Gelar Doctor HC bidang Pemikiran Politik Islam

Doktor HC dari UMI menjadi gelar Doktor Kehormatan ke-12 yang diterima JK

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
JK Terima Gelar Doctor HC bidang Pemikiran Politik Islam
Foto: Istimewa
JK Terima Gelar Doctor HC bidang Pemikiran Politik Islam

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR-- Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima gelar doktor kehormatan atau Doctor Honoris Causa dalam bidang pemikiran politik Islam dari Universitas Muslim Indonesia (UMI). Gelar kehormatan tersebut diberikan pada Rapat Senat peringatan Milad ke-64 UMI di Makassar, Sabtu (23/6).

Gelar Doktor Kehormatan itu diberikan langsung oleh Rektor UMI Masrurah Mokhtar di Auditorium al Jibra Kampus II UMI, Makassar, Sabtu (23/6). Dalam sambutannya, Rektor UMI mengatakan keputusan pemberian gelar kepada JK tidak lahir begitu saja, tetapi melalui kajian yang serius dan mendalam oleh anggota senat UMI atas nilai dan mempertimbangkan gagasan semangat dan jasa JK.

"Antara lain terkait dalam bidang pemikiran politik islam. Beliau sosok politikus yang tidak hanya berteori namun beliau juga terlibat langsung dalam masyarakat dalam penguatan rasa kebangsaan dalam bingkai NKRI," ujar Masrurah.

Masrurah juga menyebut, JK adalah tokoh yang memiliki karakter dan konsisten dalam mengatasi masalah yang terjadi di antara bangsa. Tak hanya itu, JK berjasa dalam mengupayakan perdamaian di beberapa daerah yang rawan.

"Berbagai terobosan dan kebijakan beliau mendapat pengakuan baik dalam maupun luar negeri," ungkap Masrurah.

Sementara, dalam sambutannya JK menyampaikan ungkapan terimakasih atas penghargaan dalam bidang pemikiran politik Islam yang diberikan kepadanya. Menurut JK, penghargaan tersebut bukan hanya untuk dirinya tetapi untuk penguatan semangat kebangsaan.

"Semoga penganugerahan gelar Dr. (H.C) kepada saya dalam bidang Pemikiran Politik Islam, khususnya tentang Prinsip Islam bagi penguatan semangat kebangsaan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya penguatan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI yang kita cintai ini," ujar JK.

photo
JK Terima Gelar Doctor HC bidang Pemikiran Politik Islam (Istimewa)



Pada kesempatan itu JK menyampaikan selamat kepada UMI yang dalam penganugerahan gelar tersebut juga bertepatan dengan ulang tahun Universitas Muslim Indonesia ke-64. Menurutnya, dengan usia 64 tahun, UMI menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di tanah air yang mampu bertahan dan berkembang di tengah perubahan dan gejolak zaman.

"Atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas jasa dan  pengabdian UMI dalam turut memajukan umat dan bangsa Indonesia melalui pendidikan tinggi yang berkualitas bagi anak-anak bangsa," ujar JK.

Adapun penghargaan Doktor Honoris Causa dari UMI tersebut menjadi gelar Doktor Kehormatan ke-12 yang diterima JK. Dalam penyematan gelar kehormatan kali ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan juga dihadiri oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono.

JK dalam kunjungan ke Makassar hingga Ahad (24/6), selain menghadiri puncak peringatan Milad ke-64 Universitas Muslim Indonesia, Wapres juga diagendakan akan menghadiri pertemuan Saudagar Bugis Makassar ke-18 pada Ahad (24/6) esok.

Sementara hari ini setelah menerima gelar doktor kehormatan dari UMI, Wapres JK juga akan meresmikan Microfinance Center, Kampus Fakultas Teknik di Universitas Hasanudin. Sementara esok, JK akan hadir dalam acara Halal Bihalal dan Diskusi Pemuda Kebangkitan Ekonomi Islam di Masjid Al Markas, Wapres JK beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla akan kembali ke Jakarta Ahad (24/6).


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement