Kamis 10 May 2018 22:45 WIB

Survei: AHY, Gatot dan Anies Bisa Jadi Capres Alternatif

Persentase Anies dan Gatot dalam survei bersaing ketat

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bilal Ramadhan
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apabila Pemilu 2019 digelar hari ini, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) potensial dipilih masyarakat sebagai calon presiden (capres) alternatif dengan persentase tertinggi. AHY bersaing dengan Joko Widodo (Jokowi) jika Prabowo Subianto tak jadi maju sebagai capres.

Demikian hasil survei terkini Roda Tiga Konsultan (RTK) yang digelar pada 21 April-2 Mei 2018 yang melibatkan 1.610 responden itu. Survei menggunakan metode sampling stratified systemic random sampling dengan margin of error 2,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Riset dan Data RTK Rikola Febri menuturkan, hasil survei yang dilakukannya menunjukkan capres yang dipilih masyarakat adalah AHY (24,8 persen). Disusul Gatot Nurmantyo (20,4 persen) dan Anies Baswedan (8,4 persen).

“Jika Prabowo Subianto tidak maju sebagai calon presiden pada Pilpres 2019, maka menurut responden calon presiden yang akan dinilai pantas untuk maju sebagai calon presiden ada nama AHY dengan 24,8 persen,” kata Rikola dalam acara 'Rilis Survei Nasional Capres-Cawapres Terkuat pada Pilpres 2019 dan Elektabilitas Parpol Saat Ini' di Jakarta Selatan, Kamis (10/5).

Acara itu dihadiri Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Sadzily, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, dan Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik (Puskapol) UI Aditya Perdana.

Rikola menerangkan, AHY juga menduduki peringkat teratas sebagai calon wakil presiden (cawapres) apbila Pilpres 2019 digelar hari ini. Secara spontan, 8,5 pereen responden memilih AHY. Lima cawapres teratas lainnya Jusuf Kalla 7,1 persen, Gatot Nurmantyo 5,9 persen, Anies Baswedan 2,9 persen, dan Muhaimin Iskandar 1,9 persen.

Untuk posisi cawapres Jokowi, menurut Rikola, responden menjatuhkan pilihan Jusuf Kalla 14,8 persen, disusul AHY 10,3 persen. Untuk posisi cawapres Prabowo, pada pilihan spontan dipilih Gatot Nurmantyo tertinggi dengan 22,9 persen.

Terkait pertanyaan spontan apabila Pemilu 2019 digelar hari ini maka yang menyebutkan memilih PDIP sebesar 17,5 persen. Disusul Gerindra 8,6 persen, Golkar 6,2 persen, dan Partai Demokrat 5,4 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement