Senin 08 Jan 2018 13:36 WIB

Keamanan Taman di Depok Dipantau CCTV

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Gita Amanda
Suasana Taman Lembah Gurame yang berada di tengah Kota Depok, Jawa Barat, Jum'at (13/3).  (foto ; MgROL_34)
Suasana Taman Lembah Gurame yang berada di tengah Kota Depok, Jawa Barat, Jum'at (13/3). (foto ; MgROL_34)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini sudah memasang Closed Circuit Television (CCTV) pada sejumlah taman di Kota Depok. Dengan memasang CCTV tersebut, aktivitas warga bisa terpantau setiap saat.

"Untuk bisa memantau aktivitas warga dan memastikan keamanan di taman, kami sudah menggunakan CCTV. Nantinya, koneksi dari CCTV ini bisa langsung dipantau di smartphone saya. Jadi kita tahu situasi dan kondisi di taman seperti apa," ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Konservasi DLHK Kota Depok, Diana Puspita Sari, di Balai Kota Depok, (8/1).

Diutarakan Diana, untuk lokasi taman yang sudah terpasang CCTV jumlahnya baru empat taman. Di antaranya, Taman Bibit 1, Taman Bibit 2, Taman Lembah Gurame dan Taman Lembah Mawar.

"Sampai saat ini memang jumlahnya baru empat taman yang sudah terpasang CCTV. Seperti di Taman Bibit 1 ada tiga titik, Taman Bibit 2 ada empat titik, Lembah Gurame delapan titik dan Lembah Mawar ada sepuluh titik. Secara bertahap, jumlahnya akan terus kita tambah," tuturnya.

Menurut Diana, pihaknya juga akan memasang CCTV di beberapa titik pada median jalan. Hal ini berfungsi untuk memonitor adanya pohon yang rusak, mati atau hilang diambil orang.

Sudah beberapa kali, kita tanam tanaman bagus, tapi hilang dicabut orang. "Untuk meminimalisir adanya kejadian tersebut, kita juga akan pasang median jalan dengan CCTV. Mudah-mudahan pelan tapi pasti, CCTV akan terpasang merata di seluruh taman yang ada di Depok," ujar Diana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement