Selasa 12 Dec 2017 18:46 WIB

Wali Kota Depok Baca Puisi di Festival Budaya Islami

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Walikota Depok Mohammad Idris
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Walikota Depok Mohammad Idris

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Wali Kota Depok Mohammad Idris membuka secara resmi acara Festival Budaya Islami Kota Depok 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok di Lapangan Balai Kota Depok, Selasa (12/12).

Idris juga menyempatkan membaca puisi pada acara yang juga digelar dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan Festival Budaya Islami (FBI) 2017 berlangsung cukup meriah. Penampilan Idris cukup memukau pengunjung dengan musikalisasi puisi karya musisi Ebiet G Ade berjudul, "Dia Lelaki Ilham dari Surga".

Selain menghadirkan wali kota Depok, festival tahunan ini juga dimeriahkan parade qasidah dan marawis yang diikuti sejumlah Majelis Taklim (MT) Sekolah Islam Terpadu (SIT) dan pesantren se-Kota Depok.

"Saat Nabi Muhammad SAW berhijrah dan sampai di Madinah, beliau disambut oleh kaum Anshar dengan tabuhan marawis dan qasidah. Peristiwa ini yang menjadi latar belakang mengapa qasidah dan marawis yang kami pilih," ujar Idris.

FBI 2017 merupakan serangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Pemkot Depok. Dimulai dari Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) di awal Desember yang diikuti ratusan aparatur sipil negara (ASN) di Masjid Balai Kota Depok hingga nanti puncaknya di acara Sejuta Maulid yang diadakan serentak di 64 kelurahan pada 27 Desember 2017 mendatang.

Idris berharap, dengan semarak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan Pemkot Depok, warga Kota Depok bisa meneladani pribadi Rasulullah SAW dalam keseharian. Pasalnya, perjuangannya tidak hanya mengangkat aspek akidah umat Islam, tetapi juga menyentuh seluruh aspek kehidupan manusia.

"Nabi Muhammad SAW adalah pribadi dan pemimpin yang agung. Juga teladan bagi umat Islam. Dengan adanya acara ini saya harapkan dapat menjadi media kebaikan untuk kita semua," kata Idris berharap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement