Ahad 03 Dec 2017 12:57 WIB

Stadion Pajajaran akan Direnovasi untuk Asian Games

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Hazliansyah
Warga berolahraga melewati rumput yang penuh lumpur di Stadion Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/11).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Warga berolahraga melewati rumput yang penuh lumpur di Stadion Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (1/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menjelang penyelenggaraan multi event Asian Games 2018, Kota Bogor bersolek. Sebab, salah satu stadionnya, Stadion Pajajaran, akan digunakan sebagai tempat latihan tim sepak bola yang akan berlaga di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjelaskan, renovasi akan mulai dilakukan pada 2018. Meliputi kualitas lapangan, tribun hingga ruang ganti pemain.

"Semua kebutuhan disediakan dan dikerjakan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," ujarnya ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Ahad (3/12).

Untuk renovasi Stadion Pajajaran, Bima menuturkan, pemerintah kota telah menjalin koordinasi dengan Panitia Pelaksana Asian Games 2018 dan dinas terkait. Informasi terbaru, proyek ini tengah dilelangkan oleh Kementerian PUPR.

Pemilihan Stadion Pajajaran sebagai lokasi latihan bukan tanpa sebab. Menurut Bima, stadion ini tidak terlalu jauh dari Stadion Pakansari yang menjadi venue pelaksanaan kompetisi sepak bola. Dengan jarak 15 kilometer, dua stadion bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekira 40 menit.

Untuk anggaran, Bima menambahkan, merupakan kewenangan dari Kementerian PUPR.

"Kita tunggu hasil lelang, semoga tidak gagal supaya Desember ini dapat dikerjakan. Jadi, Juni atau Juli sudah selesai semua," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Eka Prabowo, mengapresiasi dan bersyukur atas rencana ini. Sebab, sebelumnya, Pemkot sempat berharap Stadion Pajajaran akan direnovasi menggunakan dana bantuan provinsi Jawa Barat 2017, tapi gagal.

"Alhamdulillah sekarang sudah akan ada bantuan untuk renovasi menyambut Asian Games 2018. Meski tidak rombak total, setidaknya membaik," tutur Eka.

Untuk pemugaran jangka panjang, Eka menuturkan, pemkot sudah memiliki Detail Engineering Design (DED). Termasuk di antaranya, bangunan menjadi tujuh lantai dengan lapangan sepak bola berstandar Asia (AFC)/FIFA yang menggunakan rumput sintetis.

Kapasitas penonton pun juga akan ditambah mencapai 8 ribu orang di tribun barat maupun timur. Dalam desain jangka panjang, area parkir diperkirakan nanti bisa menampung lebih dari 380 mobil dan 2 ribuan sepeda motor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement