Rabu 08 Nov 2017 15:47 WIB

Rute Baru Transjakarta Ragunan-Monas Diklaim Hanya Satu Jam

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Endro Yuwanto
Sejumlah bus Transjakarta mengantre di Halte Busway Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (23/10).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah bus Transjakarta mengantre di Halte Busway Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (23/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Transjakarta memodifikasi rute Ragunan-Monas dengan melewati Jalan Pangeran Antasari dan mulai beroperasi pada Senin (13/11).

Perubahan rute ini sebagai tindak lanjut instruksi gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk memodifikasi rute perjalanan di sejumlah ruas yang mengalami kemacetan akibat pembangunan proyek infrastruktur.

Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono menyatakan, rute Ragunan-Monas telah dilaksanakan uji coba selama dua pekan. Fokusnya adalah untuk pelanggan tinggal di selatan Jakarta yang berangkat kerja di pagi hari. Hasilnya, kata dia, waktu tempuh untuk rute Ragunan-Monas melalui jalur Pangeran Antasari, Jakarta Selatan hanya membutuhkan waktu satu jam.

"Durasi ini lebih singkat dibandingkan Ragunan-Monas via Semanggi ataupun Kuningan yang bisa mencapai lebih dua jam," kata Budi, Selasa (6/11).

Rute baru ini akan melayani halte Ragunan, Departemen Pertanian (Deptan), Halte Bundaran Senayan (Bunsen), Halte Gelora Bung Karno (GBK), Halte Polda, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia (BI), dan Halte Monas.

Menurut Budi, dari hasil uji coba tersebut juga didapatkan waktu tempuh rute dari Halte Ragunan sampai Halte Bundaran Senayan hanya 50 menit. Pencapaian itu memudahkan pelanggan Transjakarta untuk terintegrasi dengan layanan lainnya yang disediakan perusahaan transportasi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tersebut.

Pelanggan Transjakarta yang turun di Halte Bundaran Senayan akan terhubung dengan layanan Blok M-Kota (koridor 1), Ciputat-Tosari, Poris-Bundaran Senayan, Puri Beta-Hotel Indonesia, TU Gas-Bundaran Senayan, Manggarai-Blok M.

Budi memastikan, rute Ragunan-Monas yang melalui ruas Jalan Pangeran Antasari akan menghindari kepadatan lalu lintas di Mampang imbas pembangunan terowongan (underpass) Mampang-Kuningan maupun proyek LRT (Light Rail Transit).

Budi pun optimistis rute Ragunan-Monas yang beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB dengan melalui ruas Jalan Pangeran Antasari menjadi solusi bagi masyarakat yang menggunakan layanan Transjakarta dibanding memanfaatkan kendaraan pribadi.

Sebelumnya, Transjakarta telah membuat rute Monas-Ragunan via koridor 13 yang bisa menghemat waktu tempuh. Rute ini merupakan bagian dari tiga rute ekspress dan tiga rute lintas mulai Senin (23/10).

Keenam layanan baru ini, yakni rute lintas Pulogadung Harmoni (via koridor 10 dan 4), rute ekspress PGC Tanjung Priok (via tol) dan Tanjung Priok PGC (via tol), rute lintas Cililitan Dukuh Atas (via koridor 10 dan 4), rute lintas Kampung Rambutan Kampung Melayu (via tol), dan rute lintas Monas Ragunan via (koridor 13).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement