Senin 09 Oct 2017 20:08 WIB

Pemkot Solo Putuskan Sewa Alun-Alun Utara Keraton

Rep: Andrian Saputra/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi - KERATON SOLO.Sejumlah kendaraan melintas di depan Keraton Surakarta, Solo, Jumat (16/10).
Foto: Antarafoto
Ilustrasi - KERATON SOLO.Sejumlah kendaraan melintas di depan Keraton Surakarta, Solo, Jumat (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Pemerintah Kota Solo memutuskan untuk menyewa Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat selama setahun. Alun-Alun Utara Keraton saat ini tengah digunakan pedagang pasar Klewer Timur lantaran bangunan pasar sedang diperbaiki.

Kendati demikian, Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagiyo, mengatakan Pemkot Solo meminta kebijaksanaan keraton agar dapat memperpanjangan sewa lahan jika proyek perbaikan pasar Klewer Timur tak dapat selesai dalam setahun.

“Pemkot semanya setahun dulu, tapi kami minta bisa diperpanjang jika pembangunannya molor, jadi sampai selesai pengerjaan pembangunan pasarnya,” tutur Subagiyo pada Senin (9/10) siang.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkot sepakat menyewa alun-alun utara Keraton dengan nilai Rp 2,5 miliar dalam setahun. Sementara itu, Pengageng Pariwisata Keraton Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Benowo mengatakan Keraton memang meminta kejelasan Pemkot Solo terkait waktu sewa alun-alun utara. Sebab, jelas dia, keraton juga berencana menggunakan alun-alun utara untuk persiapan kegiatan-kegiatan keraton seperti Sekaten.

“Kita juga perlu menyiapkan untuk sekaten, jadi kalau tidak ada kejelasan maka pasar darurat bisa kami tutup,” tutur Benowo.

Benowo mengatakan Keraton menawarkan opsi lainnya bagi Pemkot Solo untuk penempatan pedagang pasar Klewer Timur. Keraton mempersilakan Pemkot Solo menggunakan lahan Pagelaran yang berada tak jauh dari alun-alun utara. “Jadi alun-alunnya juga bisa steril, di pagelaran ini sudah cukup untuk menampung pedagang kalau pun sampai meluber keluar tak masalah itu,” katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement