Ahad 21 May 2017 13:11 WIB

Kapal Pembangkit Listrik Terapung Asal Turki Tiba di Medan

Rep: Issha Harruma/ Red: Ilham
Kapal pembangkit listrik (ilustrasi).
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Kapal pembangkit listrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kapal pembangkit listrik terapung MV Karadeniz Powership (KP) Onur Sultan tiba di Perairan Medan. Kapal asal Turki ini didatangkan untuk memenuhi pasokan listrik di Sumatra Utara.

‎"Kapal MV KP Onur Sultan tiba di Laut Belawan, Jumat sekitar pukul 16.30 WIB," kata Kepala Humas Syahbandar Pelabuhan Belawan, Wasfina, Ahad (21/5).

Wasfina mengatakan, rencananya, kapal tersebut akan bersandar di dermaga PLTGU Sicanang, Belawan hari ini. Kapal berbobot besar itu akan ‎ditarik menggunakan enam unit kapal tugboat menuju dermaga kapal milik PLN. Selama perjalanan, kapal akan dikawal oleh kapal syahbandar yang sudah dalam posisi siaga di tengah laut.

Pengosongan aktivitas pelayaran di perairan Belawan pun dilakukan sementara waktu untuk berlabuhnya kapal pembangkit listrik ini. Pengosongan dilakukan sejak Ahad (21/5) pukul 06.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

"Karena ukuran kapal cukup besar jadi alur pelayaran harus dikosongkan dan keluar masuk kapal lain ke pelabuhan Belawan ditutup," ujar Wasfina.

Kapal dengan panjang 295 meter tersebut memiliki kapasitas 240 MW (Megawatt). Pemerintah menyewa kapal ini untuk memenuhi pasokan listrik di Sumut yang sampai saat ini masih kurang sehingga kerap terjadi pemadaman listrik bergilir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement