Selasa 27 Dec 2016 16:08 WIB

Pencarian Tiga Korban Tenggelam di Sukabumi Masih Nihil

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi tenggelam
Foto: Republika
Ilustrasi tenggelam

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Upaya pencarian tiga orang mahasiswa Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung yang tenggelam di Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi belum ditemukan. Proses pencarian para korban dilakukan sejak Selasa (27/12) pagi.

Tiga mahasiswa Itenas Bandung yang tenggelam itu yakni Boby Irwanto (21 tahun) warga Jalan Panitra I Nomor 3 RT 02 RW 09  Bandung, Rendra Akbar (21 tahun) warga Cibiru Bandung, dan Adnan Amiruloh (21 tahun) warga Jalan Sulaksanabaru RT 05 RW 07 Desa Citarum, Bandung. Ketiganya tenggelam di Pantai Batununggal, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi Senin (26/12) pagi.

"Masih dilakukan pencarian oleh tim gabungan," ujar Komandan Pos Sar Sukabumi Aulia Solihanto kepada wartawan. Hal ini disampaikan setelah petugas gabungan melakukan pencarian sejak pagi hingga Selasa sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Proses pencarian terang Aulia, dilakukan dengan membagi ke dalam dua tim berbeda. Tim pertama bertugas melakukan penyisiran di laut dari tempat pelelangan ikan (TPI) Pangumbahan ke arah Batununggal dengan menggunakan perahu.

Sementara tim kedua lanjut Auliam melakukan penyisiran di darat dari Cibuaya ke Batununggal sejauh dua kilometer. Hasil penyisiran tersebut untuk sementara belum membuahkan hasil.

Aulia menerangkan, petugas yang melakukan pencarian berasal dari berbagai elemen. Di antaranya Pos Sar Sukabumi, Polsek ciracap, Pos Polair Ujunggenteng, Polhut, Sarda Kabupaten Sukabumi, Balawista Ujunggenteng, aparat Desa Pangumbahan, dan Sar Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Ketua Forum Koordins SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Pajri menambahkan, proses pencarian korban awalnya difokuskan di sekitar lokasi korban tenggelam. Sementara pada Selasa ini proses pencarian akan diperluas hingga ke tengah laut menggunakan perahu SAR.

Dia mengakui cuaca dan gelombang tinggi di tengah laut menjadi kendala dalam proses pencarian. Meskipun demikian petugas gabungan berharap ketiga korban bisa segera ditemukan.

Dikatakan Okih, sejumlah keluarga korban sudah berdatangan ke lokasi kejadian. Kedatangan keluarga ini untuk membantu proses pencarian korban dan mendoakan agar ditemukan dalam keadaan selamat.

Anggota Sarda Kabupaten Sukabumi Jajang Nurjaman, informasi yang diperoleh menyebutkan awalnya korban yang pertama tenggelam atas nama Boby Irwanto. Selanjutnya, rekannya yang lain yakni Rendra dan Adnan mencoba memberikan pertolongan.

Namun, nahas keduanya malah ikut hilang terbawa ombak. Jajang menerangkan, para mahasiswa Itenas Bandung yang datang ke Pangumbahan mencapai sebanyak 18 orang. Mereka tiba pada Ahad (25/12) malam dan menginap di sekitar pantai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement