Selasa 29 Mar 2016 20:18 WIB

LIMA: Suu Kyi Selama ini Hanya Seolah-olah Antidiskriminasi

Rep: Amri Amrullah/ Red: Bayu Hermawan
Pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pengamat politik dari Lingkar Madani Ray Rangkuti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti menilai  Aung San Suu Kyi selama ini hanya berperan seolah olah anti diskriminatif demi memperjuangkan keinginan politiknya.

Hal itu dikatakan Ray terkait sikap diskriminatif Suu Kyi terhadap seorang presenter muslim dari BBC pada 2013 lalu yang terungkap baru-baru ini.

"Kasus Suu Kyi ini menunjukkan selama ini dia seolah-olah anti diskriminatif dalam politik, tapi nyatanya tidak menjadi prinsip hidupnya," katanya kepada Republika.co.id, Selasa (29/3).

Aktivis yang juga ikut menandatangani petisi online pencabutan nobel perdamaian terhadap Suu Kyi mengaku kecewa dengan sikap Suu Kyi ini.

Sebab Suu Kyi yang selama ini dikagumi atas sikapnya memperjuangkan demokrasi ternyata terbukti tidak sepenuhnya benar.

Menurutnya sebenarnya sudah sejak lama ada beberapa pihak yang mempertanyakan sikap tegas Suu Kyi ini, terutama pada kelompok minoritas seperti Rohingya di Myanmar. 

Dan ini terbukti ketika Suu Kyi menunjukkan sikap rasis dengan mengatakan "Tidak ada yang memberitahuku akan diwawancarai oleh seorang muslim." Pernyataan rasis ini kemudian terungkap dalam buku biografi karya Peter Popham baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement