Rabu 17 Feb 2016 14:07 WIB

Ahok: Seluruh Trayek Bus di Jakarta akan Dikuasai TransJakarta

Rep: C33/ Red: Bayu Hermawan
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: JAk TV
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan semua rute bus yang ada di wilayah ibu kota, akan diserahkan kepengelolaannya kepada PT TransJakarta. Ahok pun menilai, hingga saat ini pihak Metro Mini masih membandel dalam pembenahan transportasi umum.

Ahok mengatakan trayek metro mini kerap diisi oleh bus yang pelayanannya tidak sesuai standar. Sehingga ia berharap bus-bus yang dikelola Transjakarta dapat memperbaiki pelayanan transportasi umum.

"Intinya nanti seluruh rute bus yang ada di Jakarta akan dikuasai Transjakarta. Kalau dulu kan Transjakarta enggak menguasai, setelah saya pelajari, ini ada kesalahan. Kita masih membiarkan trayek-trayek itu dikuasai bus-bus yang enggak baik," katanya, Rabu (17/2).

Ahok yakin penumpang metro mini sebenarnya ingin menggunakan transportasi lebih baik. Namun ketidakhadiran transportasi alternatif membuat penumpang terpaksa naik metro mini.

"Orang terpaksa naik bus yang enggak baik. Nah kalau gitu kita minta dia (metro mini) ganti bus. Dulu waktu saya baru masuk sini enggak mau juga, saya ngomong ganti bus sejak saya jadi Wagub. Saya sudah undang mereka (pengelola metro mini), Organda. Tapi bandel aja," ujarnya.

Ahok merasa sudah hampir memasuki tahun keempat upayanya untuk membenahi metro mini. Namun ia menyebutkan tak ada upaya dari pengelola metro mini untuk menyambut solusi penggantian armada metro mini.

"Saya sudah masuk tahun ke-4 (perbaikan metro mini), ya sudah saya paksa saja , paksanya saya baik hati saja kan , sopir aja saya gaji dua kali UMP, ada asuransi terus kita juga pekerjakan semua. Kalau kamu memang males ya sudah saya singkirkan saja," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement