Senin 15 Feb 2016 20:32 WIB

Menteri Desa Dukung Situ Rawa Binong Menjadi Destinasi Wisata Air

Marwan Jafar meninjau pemanfaatan dana desa di Situ Rawa Binong, Bekasi, Ahad (2/15)
Foto: dok
Marwan Jafar meninjau pemanfaatan dana desa di Situ Rawa Binong, Bekasi, Ahad (2/15)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengapresiasi pemanfaatan dana desa di Hegarmukti, Cikarang Pusat, Bekasi. Di sana, dana desa dimanfaatkan untuk memperbaiki fasilitas turab dan irigasi Situ Rawa Binong. "Hegarmukti akan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi," kata Marwan dalam keterangan pers yang diterima www.republika.co.id, Senin (15/2).

Masyarakat Hegarmukti berhasil memanfaatkan dana desa secara baik. Marwan mengatakan perbaikan turab dan irigasi Situ Rawa Binong bisa menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata air. Hal ini tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Marwan menyambangi Hegarmukti pada Ahad (14/2). Lurah Hegarmukti Jamad Jais mengatakan perbaikan turab dan irigasi setu Rawabinong dilakukan sepanjang 1100  meter dari luas situ 95 ribu meter persegi. Situ ini biasa dimanfaatkan warga untuk memancing dan perlombaan.

Ia juga mengatakan ke depan, di setiap sisi setu, akan ditanam pohon-pohon langka dan pohon binong untuk pendidikan sekaligus identitas situ. 

Jamad berharap dana desa yang dikucurkan pemerintah memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar situ. "Dorongan dan bantuan dari pusat kami harapkan agar menjadi tempat wisata dan kampung adat yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement