Jumat 22 Jan 2016 10:47 WIB

Jabar Salurkan Raskin untuk 2,6 Juta Warga

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Achmad Syalaby
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan
Foto: Twitter @aheryawan
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Program beras masyarakat (Raskin) untuk tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2016 mulai diluncurkan pada Jumat (22/1) di Halaman Parkir Barat Gedung Sate, Bandung, Jabar. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, menyerahkan secara simbolis kepada lima rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTS-PM) Kota Bandung.

Menurut Heryawan, tahun ini jumlah RTS (rumah tangga sasaran) raskin sama dengan jumlah tahun lalu. Yakni, sebanyak 2.615.790 RTS dengan jumlah pagu raskin sebanyak 470.842.200 Kg per tahun atau 39.236.850 Kg per bulan.

"Dari 2,6 juta lebih RTS di Jabar, 13 juta lebih orang telah dipenuhi kebutuhan pangannya oleh negara," ujar Heryawan yang akrab disapa Aher kepada wartawan, Jumat (22/1).

Menurut Aher, masyarakat penerima raskin tak hanya miskin tapi juga rawan miskin sekarang sudah termasuk dalam koridor perhatian negara untuk menyelesaikan kemiskinan dan kebutuhan mendasar warga yaitu kebutuhan pangan. "Negara telah hadir untuk hal ini," katanya.

Aher mengatakan, persentase penyerapan Raskin di Jabar mencapai 97,57 persen. Untuk itu, Aher ingin distribusi raskin pada tahun ini tidak ada masalah, sehingga penyerapannya bisa mencapai 100 persen.

Selain penyaluran yang harus dilakukan dengan baik, Aher berharap Raskin ini bisa menjadi instrumen untuk menjaga kestabilan harga beras selain menyelesaikan permasalahan pangan masyarakat.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement