Jumat 20 Nov 2015 13:21 WIB

Siang Ini Ribuan Buruh Berunjuk Rasa di Istana

Rep: c21/ Red: Maman Sudiaman
Demo Buruh
Foto: ROL
Demo Buruh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 762 personel gabungan TNI dan kepolisan akan mengamankan jalannya demo buruh di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Demo yang ditandai dengan aksi long march itu sedianya digelar siang hari ini.

Long March sendiri akan dilakukan ribuan buruh setelah berkumpul di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat. Dari sini, rencananya para pendemo akan bergerak ke Istana Negara.

Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno mengatakan para buruh yang datang ke Tugu Proklamasi dengan cara long march dari daerah-daerah luar Jakarta, seperti dari Jabodetabek dan Bandung.

"Sekitar 1.500 sampai 2.000 orang akan datang ke sini (Tugu Proklamasi). Sekarang, info terakhir yang saya dapat, mereka sudah berada di Cakung, Jakarta Timur," kata dia.

Para buruh sendiri telah berjalan dari daerahnya masing-masing sejak tiga hari yang lalu. Menurut info tujuan utama mereka adalah Istana Negara. Setelah sampai di sana mereka akan menyerahkan petisi yang telah dibuat selama long march. Petisi tersebut untuk diserahkan ke Presiden RI, Joko Widodo.

Menurut pemantauan Republika, jalan di Bundaran Hotel Indonesia dan sepanjang Jalan MH Thamrin telah dijaga aparat kepolisian sejak pagi tadi.

Sementara di Tugu Proklamasi, terlihat sejumlah buruh telah tiba menggunakan kendaraan. Mereka datang terlebih dahulu karena berperan menjadi buruh penyambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement