Kamis 24 Sep 2015 15:51 WIB

Jokowi: Pemerintah Sudah Sekuat Tenaga Datangkan Hujan

Presiden Jokowi di Masjid Agung Al-Karomah, Kabupaten Banjar, Kamis (24/9).
Foto: Republika/Halimatus Sa'diyah
Presiden Jokowi di Masjid Agung Al-Karomah, Kabupaten Banjar, Kamis (24/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JBANJARMASING -- Pada hari ke dua kunjungan kerjanya ke Kalimantan Selatan (Kalsel) yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1436 H/2015 M, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo melaksanakan shalat Id di Masjid Agung Al-Karomah, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, Kamis (24/9) pagi.

Bersama kurang lebih 20 ribu jamaah yang hadir, Presiden dan Ibu Negara melakukan Shalat Idul Adha yang dipimpin oleh Imam Guru, K.H. Wildan Salmon, Kepala Taffizul Quran Masjid Agung Al Karomah, dan mendengarkan khutbah Idul Adha dengan tema 'Kurban dan Haji' dari khatib K.H. Khalilrurrahman.

Seusai melakukan sholat ied, Presiden beserta Ibu Negara menuju Tempat Penyerahan Hewan Qurban di halaman depan masjid dengan berjalan kaki. Presiden menyerahkan kurban seekor sapi kepada Panitia.

Saat diminta memberikan sambutan pada acara tersebut Presiden Jokowi mengatakan, tujuan utama kedatangannya ke Kalimantan sebetulnya untuk mengurus asap yang sudah mengganggu masyarakat.

“Saya mohon, saya minta kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar baik yang namanya di perkebunan, di halaman atau di jalan sehingga menyebabkan asap berada di sekitar dan lingkungan kita. Ini harapan kita semuanya,” pinta Jokowi, dilansir laman Setkab.

Presiden menjelaskan, pemerintah sudah berusaha sekuat tenaga baik melalui water bombing, menjatuhkan air lewat helikopter dan pesawat juga menabur garam di langit untuk bisa mendatangkan hujan.

“Kalau yang di Riau, jambi, kemarin kita sudah menabur ratusan ton dan alhamdulilah di sana sudah turun hujan, tetapi di sini memang dicari-cari awannya belum ketemu,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk berdoa bersama-sama agar saudara-saudara kita yang sedang dan sudah melakukan wukuf di Padang Arafah, semuanya sehat dan selalu diberikan ketakwaan oleh Allah dan kembali nanti di Indonesia dalam keadaan sehat walafiat dan mabrur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement