Selasa 24 Feb 2015 20:47 WIB

Lagi, Menteri Susi Temukan Kapal Cina Bongkar Muat di Tengah Laut

Rep: c85/ Red: Angga Indrawan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kembali menemukan kapal yang teridentifikasi melakukan bongkar muat di tengah laut. Kapal terdeteksi melalui pemantauan VMS (vessel monitoring system).

Kapal bernama Fu Yuan Yu ini diketahui melakukan bongkar muat karena dikelilingi oleh sejumlah kapal dengan ukuran yang lebih kecil. Salah satu staf Menteri Susi yang ikut mengawasi VMS menyebut bahwa kapal Cina ini terdeteksi terakhir pukul 13.14 WIB siang, Selasa (24/2).

Kapal ini terdeteksi mematikan VMS beberapa kali. Lokasi kapal terakhir diketahui berada di perairan Cirebon, Jawa Barat. "Sempat mati, nyala, mati, nyala," ujar salah satu staf Menteri Susi.

Susi sendiri menyatakan bahwa kapal Fu Yuan Yu terus bergerak ke arah utara untuk keluar dari Zona Ekonomi Eksklusif. "Mau keluar dia mau angkut," ujar Susi sambil mengamati layar.

Sementara itu, Dirjen Pengawasan dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP Asep Burhanudin menyatakan pihaknya telah menghubungi TNI AL. "Saya sudah telepon panglima untuk periksa," kata Asep.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement