Jumat 13 Feb 2015 22:52 WIB

Demi Rumah Dinas Sekda, Banten Gelontorkan Rp 665 Juta

Rep: C81/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Provinsi Banten
Provinsi Banten

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG – Pemerintah Provinsi Banten menyewa rumah dinas untuk Sekretaris Daerah. Pemprov menganggarkan dana sebesar Rp 655 juta untuk dana sewa dan perlengkapan interior rumah yang baru saja ditempati oleh Sekda Kurdi Matin.

Kepala Biro Umum Provinsi Banten Ade Syarif Hisayatullan, yang mengurusi fasilitas pejabat pemprov Banten ini membenarkan rumah dinas bagi Sekda Banten menghabiskan sewa sekitar Rp 250 juta pertahun.

"Sekitar Rp 50 juta itu untuk mengrus notaris, paling kalau sewanya Rp 200 juta. Itu bersifat sementara. Kita sudah mengusulkan rumah dinas Sekda akan dibangun di bekas (kantor) Samsat (Kota Serang) lama. Biar lebih dekat koordinasi dan komunikasinya," kata Ade, Jumat (13/2).

Sementara, Kepala Biro (Karo) Perlengkapan dan Aset Provinsi Banten, Joko Suwarsono, mengatakan bahwa pemprov menganggarkan sebesar Rp 405 juta hanya untuk interior rumah dinas Sekda Banten  tersebut. Anggaran sebesar itu akan digunakan untuk membeli keperluan rapat dan fasilitas rumah lainnya.

Kemudian juga akan digunakan untuk membeli barang-barang seperti alat penghisap debu dan asap atau heksos senilai Rp 2 juta per unitnya dan rencananya akan membeli sebanyak 10 unit. “Belum semuanya dibelikan, jadi Rp 405 juta tersebut hanya anggaran, belum berarti terserap semuanya,” katanya.

Untuk dana yang sudah terserap sendiri adalah untuk membeli peralatan dapur sebesar yang dianggarkan Rp 50 juta dan sudh terserap Rp 25 juta, untuk peralatan tidur berupa ranjang, kasur dan bantal dianggarkan senilai Rp 70 juta dan terealisasi sebanyak Rp 50 juta.

Sedangkan untuk lemari pakaian sebanyak empat buah dengan harga per unitnya Rp 20 juta, sumur pompa Rp 15 juta, dan sofa senilai Rp 35 juta. "Kita kan ada Standar Satuan Harga (SSH). Pengadaannya memang tidak satu paket pengadaan. Kita sesuaikan anggaran dengan yang logisnya. Sesuai harga pasaran, sudah melakukan survei," tegasnya.

Rumah dinas yang berlokasi di Jalan. Kol. Pol. Yusuf martadilaga tersebut merupakan bekas kantor Bank Indonesia (BI) Cabang Banten. Rumah berwarna abu-abu dan berpagar besi warna hitam tersebut memiliki halaman luas dan tempat parkir luas di bagian belakang nya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement