Senin 09 Feb 2015 14:18 WIB

Di Yogyakarta, JK Singgung Masalah KPK-Polri

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ilham
Jusuf Kalla
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan sambutan dalam acara pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-6 di Keraton Yogyakarta, DIY. Dalam acara ini, JK juga menyinggung polemik yang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri.

Menurut JK, permasalahan antara dua lembaga itu bukanlah masalah politik. Namun, lebih pada permasalahan perilaku tiap individu di masing-masing lembaga tersebut.

"Masalah KPK dan Polri itu bukan masalah politik, bukan masalah agama.  Itu masalah perilaku, yang bagaimana itu bisa terjadi," kata JK dalam acara tersebut di Keraton Yogyakarta, DIY, Senin (9/2).

Menurut dia, masalah yang terjadi pada dua institusi tersebut merupakan masalah hukum yang harus segera diperbaiki.  "Yang itu akan segera kita perbaiki,"

Seperti diketahui, tak lama setelah Jokowi menetapkan Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri, KPK pun segera menetapkan Budi sebagai tersangka. Ia ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji.

Kemudian, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) pun ditangkap oleh Bareskrim Polri. BW terjerat kasus yang berkaitan dengan Pemilukada tahun 2010 di Kota Waringin Barat, Kalimantan Tengah.

Sementara, Ketua KPK Abraham Samad dilaporkan telah menyalahgunakan wewenangnya dan bertemu dengan para elite partai terkait dengan pencalonan wapres dalam pilpres 2014 silam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement