Rabu 29 Jan 2014 17:51 WIB

Sultan Resmikan Satu-satunya Museum Sandi di Indonesia

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Sri Sultan Hamengkubuwono X

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Yogyakarta memiliki Museum Sandi satu-satunya di Indonesia. Museum yang berlokasi di Jalan Faridan M. Noto 11 Kotabaru Yogyakarta diresmikan oleh Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Kepala Lembaga Sandi Negara Djoko Setiadi, Rabu (29/1).

Menurut Kepala Museum Sandi Samproni Sangadi museum sandi sebelumnya menjadi satu dengan museum perjuangan dengan koleksi sebanyak 32 item.

Kepala Lembaga Persandian mengatakan berdirinya Museum Sandi atas prakarsa dan gagasan Gubernur DIY  Sultan Hamengku Buwono X . Kemudian dibentuk tim tanggal 29 Juli 2008 untuk pendirian museum Sandi yang awalnya ditempatkan di Museum Perjuangan.

Kemudian Lembaga Sandi Negara bekerjasama dengan Pemda DIY untuk memanfaatkan gedung secara mandiri di Kotabaru untuk museum sandi. Gedung yang ditempati museum Sandi dengan luas sekitar 2000 meter persegi ini  sebelumnya digunakan sebagai Badan Perpusakaan dan Arsip Daerah.

Pada kesempatan ini juga diresmikan Rumah Sandi yang berada di Dusun Dukuh, Desa Banaran, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Peresmian museum dan rumah sandi ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DIY dan Kepala Lembaga Sandi Negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement