Rabu 22 May 2013 22:19 WIB

Cirebon Ditarget Genjot Produksi Kerajinan Rotan 3 Ribu Kontainer

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Perajin Rotan
Foto: Antara
Perajin Rotan

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kementerian Perdagangan (Kemendag) Indonesia menarget pengrajin rotan Cirebon, Jawa Barat untuk meningkatkan produksi kerajinan rotan menjadi 3 ribu kontainer per bulan.

Menurut menteri perdagangan Indonesia Gita Wirjawan, iklim pertumbuhan rotan sebenarnya Cirebon bagus.

“Saya tadi sudah diberi tahu oleh Sultan Sepuh XIV Kesultanan Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat yang mengatakan bahwa terjadi peningkatan ekspor kerajinan rotan di Cirebon sebesar 70 sampai 80 persen per bulan,” ujarnya saat dialog dengan asosiasi dan pengrajin rotan di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/5).

Memang, tambahnya, kerajinan rotan Cirebon sempat mengalami pukulan saat terjadi krisis 1998 lalu, namun perlahan setelah diberlakukannya penghentian ekspor bahan baku rotan pada awal 2012, perlahan produksi kerajinan rotan meningkat.

“Saat ini total produksi kerajinan rotan Cirebon berkisar antara 1200-1500 kontainer per bulan,“ tuturnya.

Dia menargetkan, kenaikan produksi kerajinan rotan di Cirebon dapat menjadi 3 ribu kontainer per bulan, dan diwujudkan dalam waktu 14 bulan.

Dia semakin optimistis, apalagi, tingkat konsumsi Indonesia yang besar sebanyak 60 persen dari skala ekonomi. Dia menegaskan, dengan diterapkannyaindustrialisasi maka produksi rotan Cirebon membaik hingga 10 ribu kontainer per bulan.

Ini juga terkait dengan, skala ekonomi yang diprediksi secara kumulatif selama 20 tahun ke depan senilai total Rp 600 ribu triliun. “Bisa dibayangkan jumlah rotan yang dibutuhkan untuk mengisi itu,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement