Senin 14 Jan 2013 17:16 WIB

Bekasi Siapkan Tiga Lahan Resapan Air Baru

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI SELATAN--Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi akan menyiapkan lahan resapan air baru untuk mengantisipasi banjir. Paling tidak akan ada tiga titik zona resapan air baru di sekitar wilayah Bekasi.

Sekretaris Dinas Bina Marta dan Tata Air Kota Bekasi Tri Ardhianto menyatakan tiga titik tersebut adalah di Perumahan Dosen IKIP, Pengasinan, dan Aren Jaya. Diharapkan, titik resapan air yang ada akan mengantisipasi banjir di Rawalumbu dan Perumnas Tiga.

''Itu akan coba kami selesaikan di 2013 ini,'' ujar Tri kepada wartawan, Senin (14/1).

Proses pembangunan resapan air tersebut, menurut Tri, baru memasuki tahapan pembebasan lahan. Selain itu, Tri juga menyebutkan tidak ada ukuran ideal untuk masing-masing resapan air. Semua tergantung dengan debit air dan daya tampung air di tiap-tiap wilayah.

Secara fisik, bentuk resapan air tersebut dapat berupa waduk atau kolam dan memiliki pintu air. Nantinya air yang masuk akan ditampung di dalam waduk, setelah hujan reda airnya akan dipompa ke saluran air yang ada. Tri pun memberi contoh seperti  waduk yang ada di Perumahan Galaxy, Bekasi Selatan.

Tri juga menuturkan resapan air yang ada di Galaxy bakal ditingkatkan, yaitu dengan membangun main drain. ''Justru itu, kami berharap pihak swasta dalam hal ini pengembang, Agung Sedayu, bisa membangun main drain tersebut. Mengingat keterbatasan anggaran,'' kata Tri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement