Ahad 01 Jul 2012 00:56 WIB

Atasi Antrean 8 Km, Merak Kerahkan 25 Kapal

Antrean truk di Merak
Antrean truk di Merak

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK - PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mengoperasikan 25 kapal 'roll on roll of' atau roro guna mengatasi lonjakan penumpang akhir pekan dan antrean truk hingga mencapai delapan kilometer.

"Meskipun 25 kapal roro sudah dikerahkan, tetapi antrean truk masih memadati ruas jalan Tol Merak-Jakarta hingga Cikuasa Atas," kata General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak Supriyono di Merak, Sabtu (30/6).

Ia mengatakan, pihaknya hingga kini belum bisa mengoperasikan seluruh kapal roro untuk mengatasi antrean truk. Pasalnya, ada sembilan kapal roro yang masih berada dalam perawatan.

Sementara ASDP Merak hanya mampu mengerahkan sebanyak 25 kapal roro. Dengan 25 kapal roro itu, kata dia, diharapkan Ahad besok bisa mengatasi antrean truk tersebut.

"Kami tetap berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa angkutan penyeberangan," katanya. Menurut dia, antrean truk yang terjadi selama tiga hari terakhir akibat volume angkutan meningkat.

Bahkan, angkutan truk yang datang ke Pelabuhan Merak tiba secara bersamaan dari berbagai daerah di Pulau Jawa.

Selain itu, antrean yang mengular juga disebabkan belum beroperasinya Dermaga II di Pelabuhan Merak.

"Kami yakin dengan mengerahkan 25 kapal roro bisa segera diatasi antrean truk itu," katanya. Ia juga mengatakan, apabila antrean truk itu tidak bisa diatasi dipastikan adanya penambahan kapal.

Kemungkinan ASDP Merak menambah dua kapal roro guna mengatasi kemacetan itu.

"Dengan mengerahkan 27 kapal roro diharapkan pagi hari kembali normal dan lancar," katanya.

Ia menyebutkan, jumlah penyeberangan Merak-Bakauheni selama 24 jam mencapai 84 trip dengan penumpang sebanyak 5.346 orang. Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 5.661 unit antara lain adalah sepeda motor 922 unit, mobil pribadi 2.852 unit, bus 375 unit, dan truk 2.434 unit.

"Kami targetkan pagi hari ini angkutan kendaraan yang menuju Pulau Sumatera berjalan lancar," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement