Senin 28 Oct 2024 18:31 WIB

Muliaman Ungkap Prabowo Luncurkan BP Investasi Danantara pada 8 November 2024

Pembentukan Danantara dilakukan dengan merevisi UU Badan Usaha Milik Negara.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Prabowo Subianto memberikan selamat kepada Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara Muliaman Darmansyah Hadad.
Foto: Biro Pers Istana
Presiden Prabowo Subianto memberikan selamat kepada Kepala Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara Muliaman Darmansyah Hadad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Prabowo Subianto akan meluncurkan Badan Pengelola (BP) Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara) yang nantinya menjadi lembaga pengelola investasi di Indonesia pada 8 November 2024. Prabowo pun memanggil Kepala BP Investasi Danantara Muliaman Darmansyah Hadad dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (28/10/2024).

Muliaman mengaku, diperintahkan Prabowo untuk mempersiapkan peluncuran itu. "Terkait saya soal Danantara, saya diminta mempersiapkan dengan baik. Ada rencana nanti tanggal 8 (November) diluncurkan (secara) resmi (oleh) Presiden. Persiapan sedang kita lakukan," kata Muliaman saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Baca Juga

Muliaman menjelaskan, peluncuran BP Investasi Danantara pada 8 November 2024 itu akan dipimpin langsung oleh Presiden Prabowo. Dia mengakui, pembentukan Danantara itu dilakukan dengan merevisi Undang-Undang (UU) Badan Usaha Milik Negara (BUMN). "Iya betul. Ada nanti persiapan UU untuk Danantara," kata Muliaman menjawab pertanyaan soal revisi UU BUMN.

Dalam kesempatan sebelumnya, Muliaman mengatakan, Danantara akan menjadi badan pengelola investasi di luar APBN. Seluruh aset-aset yang dimiliki pemerintah juga akan dikelola oleh badan yang dipimpinnya.

"Jadi semua aset-aset pemerintah yang dipisahkan itu nanti akan dikelola badan ini. Tapi tentu saja itu bertahap ya, dibentuk badannya dulu, dibuat undang-undangnya dulu," kata Muliaman usai dilantik oleh Presiden Prabowo pada pekan lalu.

Adapun BP Investasi Danantara diketuai oleh Muliaman Darmansyah Hadad, sementara Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang bertindak sebagai wakil kepala instansi yang baru dibentuk Presiden Prabowo Subianto tersebut. Keduanya dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 142/P Tahun 2024.

Muliaman menyampaikan, pembentukan badan investasi merupakan bentuk komitmen Presiden Prabowo dalam mengoptimalkan pengelolaan investasi negara agar dapat lebih terpadu dan tidak lagi berjalan sendiri-sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement