Senin 28 Oct 2024 16:28 WIB

Prabowo Perintahkan Jajaran Program Cetak Sawah Tiga Juta Hektare

Kami ditugaskan Bapak Presiden untuk melakukan percepatan cetak sawah di Merauke.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024)
Foto: Antara/Rangga Pandu Asmara Jingga
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Prabowo Subianto menugaskan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mempercepat pelaksanaan program cetak sawah tiga juta hektare. Langkah itu sebagai upaya ketahanan sekaligus swasembada pangan.

"Kami ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk melakukan percepatan cetak sawah yang saat ini posisi di Merauke, sudah kami mulai, Kalimantan Tengah kami sudah mulai," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman usai rapat dengan Presiden Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, dalam waktu dekat, program cetak sawah akan dilakukan juga di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatra Selatan, dan wilayah lainnya. Selanjutnya, kata Amran, pemerintah juga akan terus memberikan perhatian kepada petani dari segi hulu, yaitu terkait sarana produksi termasuk pupuk.

"Beliau (Presiden) sudah memerintahkan mengecek tambahan pupuk itu 100 persen, yang dulu itu dicek apa benar sudah sampai ke tingkat petani. Kemudian oplah (optimalisasi lahan), kami tindaklanjuti. Dan seterusnya," ujar Amran.

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono menambahkan, pemerintah menargetkan program cetak sawah meliputi lahan seluas tiga juta hektare dalam tiga sampai empat tahun ke depan. Menurut dia, program cetak sawah menjadi kebutuhan, karena penduduk Indonesia terus bertambah, sementara sawah tidak pernah bertambah.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, harus cetak. Bukan hanya untuk kebutuhan tahun ini, besok, lusa, minggu depan, bulan depan, bukan. Tapi ini untuk beberapa dekade ke depan," ujarnya pula.

Pemerintah memperkirakan tiga juta hektare sawah baru, bisa menjamin generasi bangsa hingga 80 tahun ke depan, dengan eksponensial penambahan penduduk dan kebutuhan konsumsi pangan nasional. Terkait status kepemilikan yang akan diberlakukan program cetak sawah, Sudaryono menyampaikan, lahan bisa milik pemerintah atau perorangan.

Intinya, kata dia, pemerintah akan segera melakukan program cetak sawah. "Nanti tinggal kami atur skema. Jadi bukan kok terus kami datang ke hutan lindung, hutan apa, main tebang-tebang. Maksud saya ini supaya nggak misleading," ujar Sudaryono. 

Dia menekankan lahan yang digunakan sifatnya merupakan lahan rawa, yang sudah sekian lama tidak pernah termanfaatkan. "Kita manfaatkan, drainasenya kita perbaiki, airnya kita alirkan. Kemudian keasamannya kita netralisasi sehingga lahan-lahan itu bisa ditanami," ucap Sudaryono. 

Dia menambahkan, target tiga juta hektare lahan cetak sawah tidak berada di satu hamparan saja, melainkan terbagi-bagi di beberapa titik wilayah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement