Sabtu 26 Oct 2024 07:35 WIB

Guardiola tidak Tahu Kapan De Bruyne Bisa Kembali Memperkuat Man City

De Bruyne cedera pada laga City vs Inter Milan bulan lalu dan belum bermain lagi.

 Kevin De Bruyne dari Manchester City
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Kevin De Bruyne dari Manchester City

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku tidak tahu waktu kembali gelandang Kevin de Bruyne ke lapangan setelah berkutat dengan cedera. Ia mengatakan, playmaker timnas Belgia itu tidak akan tampil dalam pertandingan Sabtu (26/10/2024) melawan Southampton yang sedang berjuang di papan bawah klasemen Liga Primer Inggris.

De Bruyne, 33, cedera saat melawan Inter Milan di Liga Champions bulan lalu. Ia telah absen dalam tujuh pertandingan sejak saat itu.

Baca Juga

"Saya tidak tahu," kata Guardiola, ketika ditanya kapan De Bruyne akan kembali, dikutip Reuters, Jumat (25/10/2024).

"Tentu saja, saya lebih suka memiliki seluruh skuad, dengan jumlah pertandingan yang banyak, tetapi begitulah adanya. Jadi mudah-mudahan bisa segera kembali. Namun saya belum tahu."

De Bruyne absen lima bulan musim lalu setelah menjalani operasi hamstring. Guardiola menepis pertanyaan tentang potensi cederanya saat ini bisa menjadi masalah untuk jangka panjang.

City juga akan kehilangan Kyle Walker, Jeremy Doku, dan Jack Grealish saat mereka mengincar kemenangan yang akan menempatkan the Citiznes sementara di puncak klasemen. Tim asuhan Guardiola memiliki 20 poin, tertinggal satu angka dari Liverpool setelah delapan pertandingan. Liverpool akan bertandang ke Arsenal yang berada di posisi ketiga pada Ahad (27/10/2024).

City dapat bertahan selama dua tahun tak terkalahkan di Stadion Etihad dalam pertandingan Liga Primer dengan kemenangan pada Sabtu ini. Peluang terbuka karena Southampton baru mengoleksi satu poin dan hanya berada di atas Wolverhampton Wanderers dalam selisih gol.

"Ini benar-benar bagus," kata Guardiola. "Kami konsisten dan jika tidak, kami tidak akan memenangkan Liga Primer berkali-kali. Kami melakukan pekerjaan kami setiap saat."

Pelatih asal Spanyol itu yakin Phil Foden mendekati level musim lalu yang membuatnya mencetak 19 gol di liga setelah awal musim yang sulit, terutama karena sakit. Foden mencetak gol dalam waktu tiga menit saat City menang telak 5-0 atas Sparta Praha di Liga Champions pada Kamis (24/10/2024) dini hari WIB.

"Saya tidak khawatir sama sekali karena. Saya tahu saat dia dalam kondisi baik, dia akan pulih. Dia adalah pemain yang berbakat dan luar biasa yang mampu memecahkan permainan untuk dirinya sendiri," kata Guardiola.

"Dalam karier, Anda pasti mengalami kendala, Anda hanya perlu berusaha mengatasinya. Cepat atau lambat, kendala itu akan berakhir. Saya senang mendengar bahwa ia merasa baik-baik saja."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement