Selasa 22 Oct 2024 06:42 WIB

Neymar Kembali Saat Al Hilal Taklukan Al Ain 5-4 di Liga Champions Asia Elite

Neymar masuk pada menit ke-77.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Neymar (tengah) merayakan kemenangan timnya Al Hilal atas Al Ain 5-4 di Liga Champions Asia Elite, Senin (21/10/2024).
Foto: EPA-EFE/ALI HAIDER
Neymar (tengah) merayakan kemenangan timnya Al Hilal atas Al Ain 5-4 di Liga Champions Asia Elite, Senin (21/10/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Klub Arab Saudi Al-Hilal memberi kekalahan dramatis 5-4 kepada juara bertahan Al-Ain di Liga Champions Asia Elite di Stadion Hazza Bin Zayid, Al Ain pada Senin (21/10/2024). Hattrick Salem Al-Dawsari dalam bentrokan yang penuh insiden mengiringi kembalinya Neymar ke laga kompetitif.

Neymar, yang telah absen sejak cedera ACL pada Oktober tahun lalu, menjadi pemain pengganti pada menit ke-77. Ia membantu tim Liga Pro Saudi itu membalas kekalahan di semifinal musim lalu melawan Al-Ain meskipun bermain dengan 10 pemain delapan menit jelang waktu normal berakhir.

Baca Juga

Kemenangan ketiga berturut-turut Al-Hilal di kompetisi ini diraih saat tim asuhan Jorge Jesus mengalahkan tuan rumah dalam laga seru sembilan gol di Stadion Hazza bin Zayed yang di dalamnya Al-Dawsari dan Soufiane Rahimi dari Al-Ain mencetak tiga gol.

"Ada banyak gol, banyak peluang, dan kami berhasil memenangkan pertandingan dengan satu pemain lebih sedikit pada akhirnya, jadi ini adalah kemenangan besar bagi kami," kata penyerang Al-Hilal Aleksandar Mitrovic.

Al-Hilal memimpin pada menit ke-26 melalui tendangan rendah Renan Lodi, tetapi Rahimi menyamakan kedudukan dari jarak dekat dengan enam menit tersisa pada babak pertama.

Namun, sundulan Sergej Milinkovic-Savic pada injury time segera diikuti oleh tendangan dari sudut sempit oleh Al-Dawsari yang memberi tim tamu keunggulan dua gol memasuki jeda.

Pemain pengganti Mateo Sanabria memperkecil ketertinggalan bagi Al-Ain 18 menit setelah babak kedua dimulai, tetapi Al-Dawsari kembali mencetak gol hanya 90 detik kemudian.

Rahimi mencetak gol keduanya pada menit ke-67, tetapi tendangan Al-Dawsari tampaknya telah memastikan kemenangan dengan 15 menit tersisa, sehingga Jorge Jesus dapat memasukkan Neymar untuk pertama kalinya sejak ligamennya robek tahun lalu.

Namun, kartu merah Ali Al-Bulahyi karena handball di luar kotak penalti menambah tekanan pada Al-Hilal dan Rahimi mencetak tiga gol dari titik penalti enam menit memasuki waktu tambahan setelah ia dijatuhkan oleh Khalifah Al-Dawsari.

Hasil ini membuat Al-Hilal tetap sempurna setelah tiga putaran sementara Al-Ain belum pernah menang dalam kompetisi yang telah diperbarui, yang mempertemukan delapan tim teratas di fase liga di Asia timur dan barat untuk melaju ke babak gugur.

Kemenangan itu membuat Al-Hilal tetap berada di puncak klasemen liga di Asia barat setelah tiga putaran dengan sembilan poin, di mana mereka bergabung dengan tim Saudi lainnya Al-Ahli setelah menang 2-1 atas Al-Rayyan dari Qatar.

Gabri Veiga mencetak gol langsung dari tendangan sudut untuk membawa Al-Ahli unggul pada menit ke-16 sebelum Feras Al-Brikan menyundul bola untuk gol kedua timnya tujuh menit menjelang turun minum, meskipun gol bunuh diri Fahad Al-Hamad membuat timnya harus berjuang keras hingga 25 menit terakhir.

Al-Sadd dari Qatar meraih kemenangan kedua mereka musim ini untuk meraih tujuh poin saat gol babak pertama Matheus Uribe mengalahkan Persepolis dari Iran sementara Al-Shorta dari Irak dan Pakhtakor dari Uzbekistan bermain imbang 0-0.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement