Sabtu 12 Oct 2024 15:45 WIB

Vladimir Putin dan Presiden Iran Pezeshkian Bertemu, Israel Was Was?

Pezeshkian menilai Iran dan Rusia saling melengkapi dan dapat saling membantu.

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto:

Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amir-Saeed Iravan, mengatakan bahwa Israel sekarang menjadi ancaman serius bagi perdamaian dan keamanan internasional. Tindakan teror dan kekejaman agresifnya yang sedang berlangsung sekarang mengancam untuk menjerumuskan seluruh wilayah ke dalam perang habis-habisan.

Di Laos, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan bahwa Iran merupakan ancaman global. "Poros perlawanan yang dipimpin oleh Iran berupaya menciptakan front lain di tempat yang berbeda. Kami bekerja sangat keras melalui pencegahan dan diplomasi untuk mencegah hal itu terjadi."

Israel, selama setahun terakhir, telah memerangi Iran dan proksinya dalam perang multi-front yang fokus utamanya adalah Hamas di Gaza, Hizbullah di Lebanon, dan Houthi di Yaman. Iran telah dua kali menyerang Israel secara langsung, sekali pada bulan April dan sekali lagi minggu lalu.

Konflik IDF-Hizbullah pun telah meningkat dalam bulan lalu, dengan Israel membunuh pemimpin kelompok itu, Hassan Nasrallah, dan komandan tertinggi. Pasukan IDF juga memasuki Lebanon selatan untuk mendorong Hizbullah kembali dari perbatasan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant diperkirakan akan melakukan perjalanan ke Washington minggu ini untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, tetapi perjalanannya dibatalkan oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Pada hari Rabu, perdana menteri berbicara dengan Presiden AS Joe Biden, termasuk tentang potensi serangan balasan Israel. Gedung Putih dan Pentagon mengatakan bahwa pembicaraan semacam itu sedang berlangsung. Belum ada tanggal baru yang ditetapkan bagi Gallant untuk melakukan perjalanan ke Washington. Kabinet Keamanan bertemu pada Kamis malam untuk membahas masalah tersebut, tetapi belum ada keputusan yang diambil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement