Jumat 11 Oct 2024 07:42 WIB

Ini Reaksi para Tokoh Olahraga Dunia Tentang Pengumuman Pensiun Rafael Nadal

Nadal menyatakan akan gantung raket setelah tampil di final Piala Davis bulan depan.

 Rafael Nadal dari Spanyol bereaksi ketika dia menyaksikan rekan setimnya Paula Badosa melawan Harriet Dart dari Inggris dalam pertandingan Grup D mereka di acara tenis United Cup di Sydney, Australia, Ahad, 1 Januari 2023.
Foto:

“Satu lagi yang sulit. Pensiun memang tak terelakkan, tetapi saya akan kangen melihat orang ini berjuang untuk setiap poin yang tak ada duanya. Sungguh manusia yang luar biasa, semoga sukses Rafael Nadal.” — petenis hebat Rod Laver di X.

“Saya tidak menangis, tetapi air mata mengalir di mata saya. Apa yang dicapainya dalam olahraga ini, sungguh luar biasa. Ia menjadi inspirasi bagi kita semua, bagi generasi berikutnya, bagi para pemain saat ini. Ia seorang legenda.” — petenis Aryna Sabalenka.

“Terima kasih atas segalanya Rafa, ini sungguh luar biasa.” — tur ATP di X.

“Rafael Nadal adalah salah satu petenis putra terhebat sepanjang masa dan meskipun sedih mendengar berita ini, saya ingin mengucapkan selamat kepadanya atas kariernya yang fenomenal. Tentu saja catatan pribadinya berbicara sendiri, tetapi saat ia mengibarkan bendera negaranya di dadanya, kami melihatnya dalam kondisi terbaiknya." — Presiden Federasi Tenis Internasional David Haggerty.

“Tidak, saya/kami menolak permohonan pensiun ini.” — Pemain tenis Inggris Katie Boulter di X.

“Selamat atas karier spektakuler Anda dan warisan yang Anda tinggalkan.” — Legenda Spanyol Andrés Iniesta, yang mengumumkan pengunduran dirinya dari sepak bola pada Selasa.

“Rafa jangan pensiun, saya ingin bermain denganmu untuk terakhir kalinya.” — Pemain tenis Australia Nick Kyrgios di X.

“Rafa Nadal juga merupakan sumber kebanggaan bagi negara kita dan merupakan contoh nilai-nilai inti olahraga, yang telah menempa seluruh kariernya yang luar biasa.” — Presiden Real Madrid Florentino Perez dalam sebuah pernyataan.

“Terima kasih Rafa, karena telah menghibur kami dan berbagi karier legendaris Anda dengan dunia. Atas sportivitas Anda, kepemimpinan Anda, dan karena selalu menunjukkan kepada kami bahwa tenis adalah olahraga yang mengandalkan kekuatan, kompetisi, dan keuletan.” — Billie Jean King di X.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement